Membuang Bau Busuk dengan Alhab

Kategori:Inovasi Teknologi
Referensi:Gatra

Tidak bisa dimungkiri, saluran pembuangan di kamar mandi kerap mengeluarkan aroma tak sedap. Itu akibat adanya kotoran yang mengendap atau bau pesing yang berasal dari urine. Untuk mengatasi, banyak orang kemudian melengkapi kamar mandi dengan beragam alat pengharum. Termasuk kapur barus yang ditebar di lantai.

Kini, kita tidak perlu repot-repot lagi menyediakan wewangian untuk mengusir bau busuk saluran pembuangan. Cukup dengan menggunakan peranti berjuluk Alhab, aroma busuk itu pun sirna selamanya. Alat bikinan tiga pelajar asal Yogyakarta ini, yang digagas Nurvita Monarizqa, terhitung cukup sederhana. Bisa dibuat dari bahan pipa PVC dan resin. Malah, bisa juga dibuat dari kotak plastik bekas tempat bedak.

Desain alat ini meminjam prinsip kerja bagian saluran leher angsa pada kloset. Alat ini ditempatkan permanen di mulut saluran pembuangan. Bau busuk yang menyeruak dari saluran pembuangan pun terhambat oleh air yang mengendap di dasar Alhab. Karena prinsipnya memang menghambat bau, alat itu pun diberi nama Alhab --singkatan dari "alat penghambat bau".

Alat inovatif ini berhasil menyabet juara pertama dalam ajang Innovator Award Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia 2008. Malah, temuan itu juga yang membawa Monarizqa ke Taiwan mengikuti ajang International Exhibition for Young Inventor di Taiwan. Di sana, Alhab meraih medali perunggu untuk kategori temuan ramah lingkungan. Arif Koes Hernawan



Post Date : 19 Agustus 2009