Meteran Induk (Community Based Water Supply)

Penerbit:Jakarta, Lingkungan Sehat Masyarakat Mandiri (Lestari) IDRC Mercy Corps ESP URDI SWISS Contact, 2 hal
No. Klasifikasi:363.61 LIN m
Kata Kunci:leaflet, best practices, meteran induk, air minum berbasis masyarakat
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113, Mercy Corps Indonesia, Telp: 021-7194948
Kategori:Leaflet
Referensi:http://indonesia.mercycorps.org

Sebagai upaya peningkatan akses ke suplai air bersih berbiaya rendah bagi rumah tangga miskin melalui sambungan komunal, HP3/Lestari bekerjasama dengan Palyja (PAM LYONNAISE JAYA), penyedia air minum swasta, dan organisasi masyarakat Jaka Tirta 012. Infrastruktur terdiri dari sebuah instalasi penyedia air dengan reservoir atap dan dibawah tanah yang dilengkapi dengan meteran induk untuk mencatat penggunaan air. Selain itu, setiap rumah tangga akan memasang meteran rumah tangga juga. Kapasitas rancang Meteran Induk dapat mencukupi kebutuhan rata-rata harian dari sebuah rumah tangga, yaitu 400 liter/rumah tangga/ hari untuk 60 rumah tangga, atau sekitar 24 m3/ hari. Lokasi proyek ini dilakukan di Tanjung Wangi RW 12, Penjaringan Jakarta Utara.
 
Proyek ini didanai oleh International Development Research Centre (IDRC) – Canada, dan berusaha membangun kepercayaan melalui kerjasama antara masyarakat pemerintah lokal, membiayai proyek percontohan yang menunjukkan pendekatan inovatif untuk masalah masyarakat, dan mengembangkan insentif ekonomi yang memperkuat masyarakat miskin kota untuk mengurangi kemiskinan serta memperbaiki lingkungan.
 
Dalam lembaran ini diuraikan mengenai metodologi, tujuan, lokasi, pencapaian, gambaran finansial, kondisi awal, jangka waktu, penerima manfaat, indikator, tantangan, serta referensi/dokumentasi proyek HP3.
 



Post Date : 27 April 2009