Mikro Hidro untuk Penyediaan Air dan Tenaga Listrik

Penerbit:Pusat Litbang Sumber Daya Air, Balitbang, Departemen Pekerjaan Umum, 4 hal
No. Klasifikasi:351.87 PUS m
Kata Kunci:leaflet, penyediaan air dan tenaga listrik, mikro hidro, kegunaan umum & pengangkutan, penyediaan air, listrik
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113
Kategori:Leaflet

Sumber Daya Air merupakan sumber daya alam terbarukan yang mempunyai potensi energi banyak terdapat di Indonesia. Namun demikian permasalahan penyediaan air baku di daerah pegunungan/ dataran tinggi terutama pada musim kemarau dan tenaga listrik untuk daerah terpencil masih merupakan permasalahan yang harus segera diatasi. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, Pusat litbang Sumber Daya Air telah melakukan penerapan teknologi tepat guna mikro hidro di saluran irigasi untuk penyediaan air baku dan tenaga listrik di beberapa tempat.
   
Teknologi mikrohidro adalah teknologi yang dapat membangkitkan daya berskala mikro dengan memanfaatkan potensi terjunan air. Manfaat dari teknologi ini dapat memompa air ke lokasi yang lebih tinggi untuk didistribusikan secara gravitasi ke tempat yang membutuhkan, serta dapat membangkitkan tenaga listrik yang dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan listrik penduduk yang belum dilayani oleh jaringan listrik PLN.

Daftar Isi:

Latar Belakang

Teknologi Mikrohidro

Manfaat

Keuntungan

Bangunan Sipil yang Diperlukan

Lokasi Penerapan dan Spesifikasi



Post Date : 17 Mei 2010