Murid SD Demo Gara-gara Bau Sampah Pasar Pondok Gede

Sumber:Pikiran Rakyat - 23 Maret 2006
Kategori:Sampah Luar Jakarta
BEKASI, (PR).Gara-gara bau menyengat dari gunungan sampah di Pasar Pondok Gede Bekasi, ratusan murid SD Negeri Jatiwaringin 01 dan 03, Rabu (22/3) melakukan demo di halaman sekolah mereka yang letaknya berseberangan dengan Pasar Pondok Gede.

Para siswa melakukan demo di halaman sekolah dengan menggelar puluhan poster berisi protes mengenai bau sampah yang mengganggu kegiatan belajar-mengajar mereka. Demo itu ditujukan kepada Pemerintah Kota Bekasi dan pengelola pasar.

Selanjutnya, ratusan murid didampingi para guru kedua sekolah tersebut mendatangi kantor Kecamatan Pondok Gede dengan berjalan kaki sehingga sempat mengganggu arus lalu lintas. Tujuan mereka adalah untuk menyuarakan aspirasi tentang masalah tersebut.

Namun mereka tidak berhasil menemui Camat Pondok Gede karena sedang tidak berada di tempat. Untuk itu, mereka sangat kecewa karena tak bisa menyuarakan aspirasinya. Padahal masalah tersebut sangatlah krusial.

Para murid, menurut Novi murid kelas IV terpaksa menutup hidung selama belajar karena tidak tahan dengan bau sampah yang menyengat. Selain itu, banyaknya lalat yang terbang di lingkungan sekolah membuat para siswa terganggu konsentrasinya.

Sementara itu, Kepala SDN Jatiwaringin 01, Saodah menyebutkan demo yang dilancarkan itu murni inisiatif murid dan bukan rekayasa.

"Karenanya pihak Pemerintah Kota Bekasi diharapkan dapat segera menindaklanjuti permintaan para murid itu dengan segera membersihkan sampah yang menggunung di Pasar Pondok Gede sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berlangsung normal," ungkapnya. (A-51)

Post Date : 23 Maret 2006