Naskah Akademis Draft Raperda Pembangunan Dan Pengelolaan Air Minum Dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat (AMPL - BM), Kabupaten Bangka Barat Tahun 2006

Pengarang:Kabupaten Bangka Barat
Penerbit:Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, Th. 2006, 27 hal
Tahun Terbit:2006
No. Klasifikasi:342.09 KAB n
Kata Kunci:Naskah Akademis, Reperda AMPL, Bangka Barat
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Laporan

Kabupaten Bangka Barat merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung. Kabupaten Bangka Barat baru mempunyai beberapa peraturan daerah. Dari keragaman Perda Kab. Bangka yang ada, belum ada peraturan yang secara spesifik mengatur tentang bagaimana membangun dan mengelola air minum dan penyehatan lingkungan berbasis masyarakat (AMPL - BM).

Sedangkan perda di tingkat propinsi yang mempunyai bersinggungan dengan AMPL - BM barangkali bisa dilihat dari perda propinsi Kep. Bangka Belitung No. 4 Th. 2003, tentang baku mutu air serta perda no. 5 Th. 2003 tentang pengendalian pencemaran air, dimana banyak diuraikan tentang kewajiban pemerintah untuk mengawasi mutu air, pencegahan pencemaran air serta sanksi bagi pencemar mutu air.

Permasalahan di lapangan semua perda yang disebut diatas belum signifikan tegak jika dilihat dari permasalahan AMPL di Bangka Barat. Hampir semua sumber air baku untuk keperluan minum. Cuci dan mandi sudah tercemar akibat penambangan timah liar. Melihat kondisi di Kab. Bangka Barat merasa perlu meyusun sebuah peraturan daerah menyangkut pembangunan dan pengelolaan AMPL berbasis masyarakat.
 



Post Date : 24 Desember 2008