Pak Menteri Carikan Investor Pengelola Sampah

Sumber:Banjarmasin Post - 18 Mei 2006
Kategori:Sampah Luar Jakarta
Banjarmasin, BPost Kegigihan Walikota Banjarmasin Yudhi Wahyuni mengajak rakyatnya membuang sampah pada tempatnya masih belum mendapat respon positif. Sampah masih menumpuk di mana-mana. Kondisi ini mengundang keprihatinan Menteri Negara Lingkungan Hidup Rachmat Witoelar. Dia berjanji mencarikan investor yang siap mengelola sampah di Banjarmasin.

Demikian kesimpulan bincang-bincang antara Menteri Rachmat Witoelar dengan Wakil Gubernur Kalsel Rosehan NB dalam perjalanan dari Banjarmasin menuju Bandara Syamsuddin Noor, Rabu (17/5).

"Menurut Pak Menteri, soal kebersihan di Kota Banjarmasin ini masih banyak yang perlu dibenahi. Terutama masalah sampah yang masih berserakan," kata Rosehan kepada BPost, kemarin.

Selain meminta kepada pemerintah setempat agar konsen menangani masalah tersebut, lanjut Rosehan, Menteri Rachmat Witoelar berjanji akan memberikan bantuan mencarikan solusinya. Yakni investor di Jakarta yang sanggup mengelola sampah di Banjarmasin.

"Pak Menteri berpesan Kota Banjarmasin jangan sampai seperti Bandung. Beliau berjanji mencarikan investor yang mau mengelola sampah di Banjarmasin," tukasnya.

Masih menurut Rosehan, Menteri Rachmat Witoelar menghendaki di Banjarmasin ada pengelolaan sampah yang baik dan berhasil guna, tidak dibuang begitu saja. Dikatakannya, Menteri Rachmat Witoelar juga setuju dengan pola TPA (tempat pembuangan akhir) regional.

"Beliau setuju pengelolaan sampah dilaksanakan secara terpadu dengan daerah tetanggannya. Seperti TPA Basirih, maka Banjarbaru dan Martapura dapat memanfaatkannya," tukasnya.

Tanam pohon

Sebelum bertolak ke Jakarta, Menteri Rachmat Witoelar menyempatkan diri menanam pohon di Banjarmasin. Menurutnya, aksi tersebut selain sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan juga aksi menghijaukan kembali kawasan kota.

"Aksi ini juga atas instruksi Bapak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono bahwa setiap menteri yang berkunjung ke daerah untuk menyempatkan diri menanam pohon," kata Menteri Rachmat Witoelar usai menanam pohon di kawasan Jalan A Yani Banjarmasin bersama Ny Rachmat Witoelar dan Wagub Rosehan NB, serta Walikota Yudhi Wahyuni.c2

Post Date : 18 Mei 2006