Peduli "Kantor Hijau"

Sumber:Kompas - 01 November 2008
Kategori:Umum

Jakarta, Kompas - Turut peduli terhadap masa depan pembangunan berkelanjutan dapat dimulai dari kantor, tempat sebagian besar waktu pekerja di kota-kota besar dihabiskan. Di antaranya, melalui penghematan listrik, kertas, air, dan pengelolaan sampah. Langkah itu mulai digalakkan di Jakarta.

Demikian yang ingin disuarakan Jakarta Green Office (JGO), ajang kompetisi antarkelompok karyawan tentang perkantoran ramah lingkungan di Jakarta. Kegiatan itu turunan dari Jakarta Green and Clean (JGC), kompetisi permukiman warga ramah lingkungan di Jakarta. Kompetisi ini dimenangi Keslink Team dari RS Kanker Dharmais Jakarta.

”Kami melihat perlu ada perluasan kegiatan ramah lingkungan hingga perkantoran. Sebagian besar waktu banyak dihabiskan di sana,” kata panitia penyelenggara JGC dan JGO, Fifi Sumarno, dari Masima, pengelola sejumlah radio swasta, di sela-sela Malam Grand Final Jakarta Green Office 2008 di Jakarta, Jumat (31/10).

Kegiatan perdana JGO diadakan Delta FM bersama Unilever, Harian Republika, Aksi Cepat Tanggap (ACT), Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup DKI Jakarta, dan WWF Indonesia.

Inisiatif kreatif

Kurun waktu Juli-Oktober 2008, tim penilai menemukan inisiatif kreatif ramah lingkungan di kantor. Ada pembuatan kompos di kantor, mengurangi penggunaan komputer, hingga memanfaatkan kertas bekas untuk keperluan internal.

Salah satu finalis, Pusat Pembinaan Kompetensi dan Pelatihan Konstruksi Departemen Pekerjaan Umum (DPU), sukses menghemat tagihan rekening listrik hingga Rp 3 juta per bulan. ”Kami mematikan komputer sebelum pulang dan menghidupkan penyejuk ruangan jam sepuluh pagi,” kata Kepala Bagian TU Pusbin KPK DPU Yuni Erni Aguslin.

Mereka pun mengurangi konsumsi air kemasan plastik setiap rapat, serta memilah sampah organik dan non-organik untuk membuat kompos. Lampu pun diganti yang hemat energi.

Dari 10 finalis JGO 2008, juara I Keslink Team dari RS Kanker Dharmais Jakarta, juara II Green Ville (PT Asdi Swasatya), dan juara III TMMIN JGO (Toyota Motor Manufacturing Indonesia). Juara favorit Jagadu Team dari Kantor Pelayanan Pajak Pratama Jakarta Gambir Dua.

Direktur Program Iklim dan Energi WWF Indonesia Fitrian Ardiansyah menyatakan, kegiatan serupa patut ditingkatkan. Namun, yang terpenting adalah adanya perubahan perilaku pekerja dan warga. Ajang JGO 2008 merupakan salah satu upaya mengubah perilaku tersebut. (GSA)



Post Date : 01 November 2008