Pekerjaan Pengembangan Program Pembangunan Prasarana Air Bersih yg Berbasis Pada Masyarakat: Laporan Akhir Sementara.

Pengarang:Indonesia. Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, Dirjen. Tata Perkotaan dan Tata Perdesaan
Penerbit:Indonesia. Departemen Permukiman dan Prasarana Wilayah, Dirjen. Tata Perkotaan dan Tata Perdesaan,
Tahun Terbit:Th. 2004
No. Klasifikasi:363. 61 DEP p
Kata Kunci:Laporan Teknis, Pembangunan Prasarana Air Bersih
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Laporan
Air bersih merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat dan mempunyai peranan yang sangat strategis, terutama dalam meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat maupun dalam mendorong pertumbuhan perekonomian. Konsep penyediaan air bersih sejauh mungkin dapat memperlihatkan kondisi kehidupan masyarakat saat ini, antara lain: pertambahan jumlah penduduk, tingkat pencemaran, minimnya pilihan sumber air baku, tingginya kebutuhan air bersih dan rendahnya kerjasama antar kota.

Mempertimbangkan kondisi tersebut, Pemerintah melalui Direktorat Tata Perkotaan dan Tata Perdesaan memandang perlu menyusupengembangan program pembangunan prasarana dan sarana air bersih yagn berbasis pada masyarakat. Diharapkan melalui kerjasama yang sinergis antara masyarakat bersama pemerintah, diharapkan dapat mendukung kebijakan nasional dalam rangka mensukseskan gerakan nasional percepatan pembangunan air minum dan sanitasi yang dicanangkan sebesar 1500 desa setiap tahunnya.

Pengembangan program pembangunan prasarana air bersih berbasis masyarakat, terutama ditujukan untuk kawasan perdesaan, namun demikian tidak tertutup kemungkinan pengembangan program untuk kawasan perkotan.Kegiatan dari pengembagnan program pembangunan air bersih berbasisi masyarakat adalah untuk mendukung penyediaan air bersih terutama pada kawasan perdesaan, dan mendukung penguatan operasi dan pemeliharaan untuk mempertahankan pelayanan dan penyediaan air bersih. Dan mendukung peran serta aktif masyarakat dalam pembangunan dan penyediaan prasarana air bersih yang mampu mendukung kebijakan nasional dalam mewujudkan MDG 2015, selain itu diharapkan adanya program pengembangan prasarana air bersih berbasisi masyarakat dapat mencapai penyediaan air yang berkesinambunagan baik dari kwalitas maupun kuantitas.


Post Date : 02 Agustus 2006