Pemberdayaan Masyarakat di Cagar Alam Gunung Simpang, Cianjur-melalui Penegakkan Peraturan Desa dan Pembentukkan Kelompok Penjaga Hutan Raksabumi

Sumber:01 Desember 2008
Kategori:Lingkungan

 Organisasi : Yayasan Pribumi Alam Lestari (YPAL)

Deskripsi Kegiatan : Kegiatan pemberdayaan masyarakat dimulai pada tahun 2000, dengan sasaran masyarakat perdesaan di lima desa di Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kegiatan YPAL yang sedang berjalan adalah pengenalan teknologi mikro-hidro untuk peningkatan kondisi ekonomi dan SDM; dan NaturLike (Naturalis Cilik Beretika), program pendidikan lingkungan yang dijalankan bersama klub BICONS. YPAL telah berhasil memfasilitasi masyarakat untuk membuat Peraturan Desa tentang pengelolaan lingkungan, serta membentuk Kelompok Swadaya Masyarakat dengan sekitar 50 anggota yang disebut sebagai “ Kelompok Raksabumi”dari lima desa di Kecamatan Cidaun, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Masing-masing desa memiliki 10 orang anggota Raksabumi.

Output :
- Kesuksesan program ini membawa Kelompok Raksabumi meraih penghargaan KEHATI 2006 untu kategori Prakarsa Lestari KEHATI dari Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI).

- Kegiatan Kelompok Raksabumi lainnya adalah mengadakan patroli rutin dalam menjaga hutan dan sumber-sumber mata air untuk memenuhi kebutuhan masyarakat sehingga masyarakat dapat terus menikmati hasil panen berupa padi yang dari tahun ke tahun cenderung mengalami peningkatan.
 



Post Date : 01 Desember 2008