Pembersihan Selokan (Guitter Cleaning)

Penerbit:Jakarta, Lingkungan Sehat Masyarakat Mandiri (Lestari) IDRC Mercy Corps ESP URDI SWISS Contact, 2 hal
No. Klasifikasi:372.37 LIN p
Kata Kunci:leaflet, best practices, guitter cleaning, kebersihan, health, drainase
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113, Mercy Corps Indonesia, Telp: 021-7194948
Kategori:Leaflet
Referensi:http://indonesia.mercycorps.org

Tujuan program adalah pembersihan selokan terbuka dari sampah padat, lumpur dan puning, guna menormalkan aliran air buangan dan limpahan hujan. Setelah pembersihan got, limbah yang terkumpul kemudian diproses menjadi batako, pupuk cair, dan media tanam. Bagian yang tidak terpakai dalam proses produksi ketiga produk diatas kemudian dikirimkan ke tempat pembuangan atau digunakan sebagai material untuk konstruksi. Pada wilayah target, terdapat total selokan sepanjang kurang lebih 4.500 meter. Agar aliran selokan tersebut terjaga, selokan perlu dibersihkan secara teratur, idealnya setiap minggu. Lokasi proyek di Pluit Dalam, RW 08 Penjaringan, Jakarta Utara.

Proyek ini didanai oleh International Development Research Centre (IDRC) – Canada, dan berusaha membangun kepercayaan melalui kerjasama antara masyarakat pemerintah lokal, membiayai proyek percontohan yang menunjukkan pendekatan inovatif untuk masalah masyarakat, dan mengembangkan insentif ekonomi yang memperkuat masyarakat miskin kota untuk mengurangi kemiskinan serta memperbaiki lingkungan.

Dalam lembaran ini diuraikan mengenai metodologi, tujuan, lokasi, pencapaian, gambaran finansial, kondisi awal, jangka waktu, penerima manfaat, indikator, tantangan, serta referensi/dokumentasi proyek HP3.
 



Post Date : 27 April 2009