Penderita Diare Meningkat

Sumber:Koran Sindo - 08 Oktober 2012
Kategori:Sanitasi
SUMENEP– Penderita penyakit diare di Kabupaten Sumenep, Madura cukup tinggi. Pada 2012 ini, terhitung hingga Agustus kemarin, penderita diare mencapai 713 pasien. 
 
Data yang diperoleh dari RSUD Sumenep, pada Januari lalu terdapat 63 pasien diare. Sebanyak 43 pasien harus menjalani rawat inap,sementara 20 pasien lainnya dirawat jalan. Direktur RSUD Sumenep dr H Fitril Akbar,menyatakan, dalam setiap bulan, pihaknya selalu menerima pasien diare, baik itu yang datang lansung atau rujukan dari Puskesmas. Jumlah penderitanya cukup banyak, dengan status rawat inap maupun rawat jalan. ”Rata- rata pasien yang datang berobat ke sini (RSUD Sumenep) sudah dalam kondisi agak parah,” ujarnya. 
 
Fitril menjelaskan, terhitung sejak Mei – Agustus lalu, ada tren kenaikan penderita diare dibanding kasus 4 bulan sebelumnya. Untuk penderita diare September – Oktober sendiri, masih didata sehingga belum bisa diketahui secara pasti. Menurutnya, penyebab diare lebih karena pola hidup kurang sehat di kalangan warga. Biasanya bakteri diare itu muncul karena lingkungan kurang sehat.Menurutnya, sebagian warga masih menganggap remeh pentingnya cuci tangan sebelum makan,menutup makanan supaya tidak dihinggapi lalat, maupun mengonsumsi minum air yang sudah dimasak.
 
”Padahal, untuk tindakan sepele yang harus segera dilakukan tersebut bisa mencegah kasus diare,”tambahnya. Karena itu, dia berharap agar warga mengedepankan pola hidup sehat karena lingkungan yang bersih tidak hanya bisa mencegah penyebaran kasus diare, tapi juga penyakit lainnya. ”Pola hidup sehat merupakan upaya dini untuk mencegah maraknya kasus diare. Kami harap warga bisa menjalankan hal tersebut,” tambahnya. 
 
Etto Hartono, warga yang pernah menderita diare, menyatakan, kasus diare sendiri tidak bisa diprediksi. Cuma, dia memang sadar kalau kesehatan terutama dalam mengonsumsi masakan dan minum bersih, harus diutamakan semua warga. ”Sejak menderita penyakit diare, saya terus menerapkan pola hidup sehat, terutama konsumsi air dan makanan yang bersih,”ucapnya. subairi


Post Date : 08 Oktober 2012