Penderita Diare Terus Bertambah

Sumber:Banjarmasin Post - 23 Agustus 2006
Kategori:Sanitasi
Sampit, BPost Penderita diare yang dirujuk ke RSUD dr Murjani Sampit terus bertambah. Hampir setiap hari terdapat satu hingga dua pasien yang dirujuk ke rumah sakit itu.

Direktur RSUD dr Murjani Sampit dr Yuendri Irawanto mengatakan, rumah sakit tidak bisa memaksa atau menahan pasien agar tetap menjalani perawatan. Mengingat hal itu sepenuhnya hak pasien dan keluarganya. Mereka hanya menyarankan agar kondisi kesehatan pasien tetap dipantau.

"Masih ada yang dirawat, umumnya anak-anak. Tapi sebagian ada juga yang sudah pulang karena mungkin sudah merasa sedikit baik. Sejak Jumat sampai Senin ada tambahan enam orang pasien yang dirujuk," katanya, Selasa (22/8).

Secara keseluruhan disebutkan jumlah penderita diare yang dirujuk hingga, Senin (21/8), 44 orang. Jumlah tersebut meningkat dibanding selama Juli lalu yakni 40 pasien diare yang dirujuk.

Yuendri menjelaskan, banyaknya jumlah pasien diare yang dirujuk ke RSUD dr Murjani Sampit belum dapat dikatakan menggambarkan secara total kondisi kasus diare yang tejadi di Kotim.

Pasalnya diperkirakan tidak sedikit pasien diare yang langsung ditangani oleh puskesmas maupun puskesmas pembantu yang tersebar hingga di pedalaman.

Sementara, Dinas Kesehatan Kotim melalui puskesmas dan puskesmas pembantu terus melakukan penyuluhan kepada masyarakat tentang upaya pencegahan diare. Warga diminta menjaga kebersihan lingkungan serta makanan dan minuman agar tidak tercemar kuman maupun bakteri.

"Kalau di pedalaman, diare umumnya karena sulitnya air bersih, tapi kalau dalam kota biasanya karena debu. Kalau terserang diare langsung beri oralit yang bisa didapat di puskesmas atau pustu. Kalau tidak ada, maka bisa diberi air gula dan garam, lalu bawa ke medis," kata Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kotim, Suryo Supraptono. mgb

Post Date : 23 Agustus 2006