Perencanaan Strategi Komunikasi Advokasi; Manual Untuk Fasilitator

Pengarang:Chandra Kirana
Penerbit:BSP-Kemala
Kategori:Komunikasi
Referensi:-
Kampanye advokasi yang sukses bergantung pada kemampuan para pelakunya untuk memahami seluk beluk isu yang dipersoalkan dengan tuntas dan kemampuan mereka untuk mengolah pengetahuan ini menjadi pesan-pesan yang komunikatif untuk berbagai pihak penting, seprti pembuat kebijakan, media dan masyarakat luas.

Buku manual ini dikembangkan untuk membantu organisasi pelaku advokasi untuk merencanakan strategi komunikasi yang efektif bagi kampanye advokasi. Manual ini dirancang untuk memperkuat kemampuan teknis di bidang komunikasi advokasi agar pembaca mampu memanfaatkan pengetahuan mengenai suatu isu untuk memengaruhi berbagai pihak penting dengan menggunakan berbagai pesan yang komunikatif.

Melalui buku manual ini pertama-tama pembaca akan diperkenalkan dengan pengertian dari advokasi, langkah-langkah dalam proses advokasi serta berbagai konsep sejenis yang berkaitan dengan advokasi. Dengan pengenalan seperti ini pembaca akan memahami bahwa proses advokasi selalu berupaya untuk mengubah kebijakan, alokasi dana atau pelaksanaan kebijakan, proses advokasi baru selesai jika penetu kebijakan menetapkan dan melaksanakan kebijakan sebagaimana diinginkan, pelaku advokasi mesti menerapkan pendekatan yang strategis terhadap upaya advokasinya dengan mengembangkan langkah dan kegiatan secara sistematis.

Kemudian selanjutnya pembaca akan diperkenalkan dengan cara mengembangkan tujuan advokasi jangka panjang, menetapkan tujuan strategis advokasi, melakukan identifikasi dukungan dan oposisi yaitu dengan membuat peta kekuasaan dan menganalisa pihak-pihak sasaran, teknik-teknik persuasi dan komunikasi advokasi beserta cara-cara mengembangkan dan menyampaikan pesan advokasi.

Di akhir buku manual pembaca akan diperkenalkan cara melakukan proses monitoring dan evaluasi dari kegiatan advokasi yang telah dilaksanakan beserta cara mengembangkan kerangka kerja monitoring.

Post Date : 17 Februari 2007