Pertamina Bentuk Desa Binaan Pengolahan Sampah

Sumber:Media Indonesia - 19 Januari 2012
Kategori:Sampah Luar Jakarta
SEBAGAI wujud kepedulian terhadap permasalahan perkotaan seperti sampah, pada Kamis (22/12/11) Pertamina meresmikan bantuan pemberdayaan ekonomi masyarakat di Kelurahan Bagan Deli, Kecamatan Belawan, Medan, Sumatra Utara, berupa Desa Binaan Pengolahan Sampah.
 
Acara peresmian dihadiri Staf Ahli Wali Kota Medan Affan Siregar, Camat Belawan Adi Syukur Harahap, dan Lurah Bagan Deli Irwansyah.
 
Dalam kesempatan itu, Operation Head Terminal BBM Medan Group Ahmad Jani Lauma mengatakan Pertamina ikut terpanggil memberikan solusi terhadap permasalahan sampah dengan program pengolahan sampah yang dikelola masyarakat, atas kerja sama dengan Kelurahan Bagan Deli.
 
Kontribusi Pertamina itu diwujudkan dalam bentuk bantuan mesin serta pendampingan bagi kelompok masyarakat yang selama ini sudah melakukan pengolahan sampah secara tradisional. Mereka selanjutnya akan diberi bantuan alat-alat teknologi berupa mesin.
 
Bantuan pendampingan akan dilakukan selama satu tahun bekerja sama dengan Politeknik Negeri Medan.
 
Bantuan tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat ekonomi dan sosial bagi masyarakat sekitar.
 
Manfaat ekonomi berasal dari hasil kompos yang dapat dipasarkan dan pellet plastik yang lebih bernilai jual, sedangkan manfaat sosial ialah terciptanya lingkungan yang bersih dan higienis.
 
Pada kesempatan yang sama Affan Siregar mengucapkan terima kasih kepada Pertamina yang telah ikut menyukseskan program pemerintah dalam menciptakan lingkungan hijau dan bersih.
 
Pembantu Direktur Politeknik Negeri Medan Drs Bambang Sugianto MP menjelaskan sebanyak 14 mesin akan diberikan, antara lain mesin pencincang sampah organik, plastik keras dan plastik lunak, mesin komposter, mesin penghalus dan penyaring kompos, mesin pencuci dan pengering plastik, serta mesin pembuat pellet plastik.


Post Date : 19 Januari 2012