Potensi Pemanfaatan Limbah Abu Alumunium sebagai Koagulan

Pengarang:Tresty Diyannisa
Penerbit:Bandung, Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil & Lingkungan, Institut Teknologi Bandung (ITB), 2009
Tahun Terbit:Th. 2009
No. Klasifikasi:363.728 DIY p
Kata Kunci:paper, pemanfaatan limbah, recycling, seminar pengelolaan limbah padat – teknologi, TL ITB
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Pedoman/Panduan

Limbah abu aluminium pada umumnya belum dimanfaatkan secara maksimal, hanya disingkirkan dengan cara ditimbun. Pada limbah ini masih terkandung komponen-komponen berharga yang dapat dimanfaatkan lebih lanjut. Komponen tersebut diantaranya Al dan Fe. Limbah B3 yang juga memiliki kandungan Al dan Fe yang cukup besar adalah red mud yang berasal dari industri aluminium. Limbah ini telah dimanfaatkan lebih lanjut menjadi bahan yang lebih bernilai.
  
Studi ini berhubungan dengan proses transformasi red mud red mud  yang diolah dalam media yang berkondisi asam dan kadar garam yang cukup ke dalam cairan atau padatan yang terkonsentrasi tetapi dapat terlarut yang mengandung kadar Al dan Fe yang tinggi sehingga dapat digunakan sebagai koagulan.

Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa kondisi optimum reaksi untuk membuat koagulan yaitu dengan konsentrasi asam sulfat sebesar 0,28 mol, waktu reaksi 3 jam serta penambahan NaCl sebanyak 4 gram. Selain itu dapat disimpulkan juga bahwa limbah abu aluminium dari industri otomotif memiliki nilai tinggi untuk dimanfaatkan lebih lanjut salah satunya untuk pembuatan koagulan.

Resume dari paper ini terdapat di ”Resume Seminar Tugas Akhir Program Studi Teknik Lingkungan, Fakultas Teknik Sipil dan Lingkungan, ITB, 18 Agustus 2009“
 



Post Date : 21 Agustus 2009