Program Air Bersih, AIDS, dan Nutrisi Menangi MDGs Awards

Sumber:Media Indonesia - 02 Februari 2012
Kategori:MDG
SEBANYAK tiga kabupaten, yakni Kabupaten Wonosobo, Pekalongan, dan Pa suruan, men dapat penghargaan Indonesia MDGs (Millennium Development Goals) Awards (IMA) 2011.
 
Kabupaten Wonosobo terpilih melalui program Sanitasi Lingkungan Berbasis Masyarakat. Dinas Kesehatan Kabupaten Pekalongan men dapat IMA 2011 lewat program Pencegahan dan Penanggulangan HIV/AIDS serta penyakit menular lainnya.
 
Dinas Kesehat an Kabu paten Pasuruan me lalui program KIBBLA (Kesehatan Ibu Baru Lahir dan Anak Balita).
 
“Harapan kami adalah upaya pencapaian MDGs dapat menjadi kerangka praktis dalam mencapai delapan tujuan pembangunan, yang objektifnya adalah meningkatkan kualitas ekonomi dan sosial masyarakat miskin,” ujar Ketua Dewan Juri IMA 2011, Nilla Djuwita Moeloek, dalam acara Pengumuman dan Penganugerahan Penghargaan Indonesia MDGs Awards 2011, semalam di Balai Kartini, Jakarta. 
 
IMA 2011, kata Nilla yang juga utusan khusus Presiden RI untuk MDGs, merupakan upaya mendorong pencapai an butir-butir MDGs dalam ben tuk insentif dan disinsentif berkesinambungan.
 
Wapres Boediono yang memberikan langsung penghargaan mengatakan sebetulnya masih ada tiga pekerjaan rumah besar untuk target MDGs Indonesia, yakni akses air bersih dan sanitasi dasar, penurunan angka HIV/AIDS, serta masalah nutrisi.
 
“Karena itulah penghargaan IMA 2011 diarahkan ke ketiga kategori itu. Ketiga kategori inilah yang perlu dikembangkan ke depannya,” ujar Boediono.
 
Selain memberikan penghargaan untuk sektor pemerintahan, lembaga swadaya masyarakat (LSM), organisasi pemuda dan mahasiswa, serta perusahaan swasta, IMA 2011 juga memberikan penghargaan khusus.
 
Penghargaan khusus tersebut diberikan kepada Anies Baswedan dengan program Indonesia Mengajar, Kabupaten Flores Timur dengan inisiatif pelayanan kesehatan keliling, dan Kabupaten Payakumbuh dengan inisiatif di bidang air bersih. (*/X-8)


Post Date : 02 Februari 2012