Prosiding ”Misi Supervisi Siklus I”, Program WES RI – UNICEF Tahun 2009

Penerbit:Jakarta, WES (Water and Environmental Sanitation) - UNICEF, Agustus 2009, 13 hal + lamp
Tahun Terbit:Th. 2009
No. Klasifikasi:371.37 WAT p
Kata Kunci:prosiding, laporan kegiatan, Misi Supervisi siklus I, WES UNICEF
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113, Perpustakaan WES Unicef
Kategori:Prosiding

Dalam rangka pelaksanaan kerjasama pemerintah RI 2006-2010, khususnya program Water and Environmental Sanitation (WES), telah disepakati dukungan pembangunan sektor Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) melalui beberapa kegiatan inti yang dapat dikategorikan ke dalam penguatan kapasitas kelembagaan pada tingkat pemerintah dan masyarakat, promosi kesehatan melalui perubahan perilaku menuju Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta peningkatan akses terhadap air minum dan sanitasi dasar yang aman di tingkat desa.
           
Memasuki tahun 2009, pelaksanaan program WES telah melewati paruh waktu program. Seiring dengan pelaksanaan selama paruh waktu tersebut, berbagai kemajuan di tingkat daerah telah berhasil dicapai dan beberapa isu penting terkait pelaksanaan dilapangan mengemuka. Terkait dengan hal ini, Pokja AMPL Nasional dan UNICEF Jakarta sebagai koordinator keseluruhan program WES menilai perlu dilaksanakannya kunjungan supervise ke beberapa lokasi program untuk meninjau dan mengevaluasi kemajuan pelaksanaan program dan melakukan klarifikasi serta diskusi atas berbagai isu strategis yang mempunyai dampak terhadap pelaksanaan program.
           
Tujuan dari pelaksanaan kunjungan monitoring dan evaluasi ini adalah untuk meninjau pencapaian pelaksanaan program WES pada tingkat daerah, mengevaluasi isu dan permasalahan yang muncul sepanjang pelaksanaan program WES, mendapatkan masukan dari pelaksana program WES pada tingkat propinsi dan kabupaten, serta melaksanakan kegiatan advokasi dalam mendukung peningkatan peran Pokja AMPL provinsi dalam melaksanakan program WES.
   
Kunjungan lapangan dilakukan di 6 provinsi dengan memilih lokasi yang mewakili setiap komponen yaitu komponen perdesaan, perkotaan dan sekolah. 6 Provinis tersebut, yaitu: NTT, NTB, Sulawesi Selatan, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Output dari pelaksanaan kunjungan supervisi ini adalah mendapatkan gambaran dan evaluasi secara lengkap mengenai pencapaian yang telah dihasilkan serta permasalahan yang muncul sepanjang pelaksanaan program WES, kesepakatan tindak lanjut atas permasalahan di lapangan dan strategi pelaksanaan program WES hingga tahun 2010, peningkatan peran aktif Pokja AMPL Provinsi sebagai focal point dalam pelaksanaan program WES di tingkat daerah, khususnya pelaksanaan monitoring dan evaluasi program di kabupaten lainnya.

Daftar Isi:

A.    Latar Belakang

B.    Tujuan

C.    Hasil yang Diharapkan

D.    Ruang Lingkup Wilayah

E.    Hasil Misi Supervisi

F.    Rekomendasi

Daftar Tabel:

Tabel D.1. Daftar Lokasi Kunjungan Supervisi Program WES UNICEF Tahun 2009
Tabel E.1. Matriks Hasil Kunjungan Supervisi Program WES UNICEF Tahun 2009

Daftar Lampiran:
Lampiran I. Laporan Misi Supervisi Propinsi Papua
Lampiran II. Laporan Misi Supervisi Propinsi Papua Barat
Lampiran III. Laporan Misi Supervisi Propinsi Sulawesi Selatan
Lampiran IV. Laporan Misi Supervisi Propinsi Maluku
Lampiran V. Laporan Misi Supervisi Propinsi NTT
Lampiran VI. Laporan Misi Supervisi Propinsi NTB
 



Post Date : 15 September 2009