Prosiding Pertemuan Nasional dan Serah Terima Aset ProAir (Hotel Kristal-Kupang, 16-19 November 2009)

Penerbit:Ditjen Bina Bangda, Depdagri - Pokja AMPL, 2009, viii + 45 hal
Tahun Terbit:Th. 2009
No. Klasifikasi:363.706 DIR p
Kata Kunci:prosiding, laporan kegiatan, pertemuan nasional & serah terima aset ProAir, Kupang
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113
Kategori:Prosiding

Dengan berakhirnya proyek ProAir di Propinsi Nusa Tenggara Timur, diperlukan pertemuan untuk membahas mengenai proses serah terima sarana air bersih kepada Pemerintah Daerah, guna dapat melanjutkan pengelolaan Sarana Air Bersih dan Penyehatan Lingkungan yang telah terbangun. Pertemuan yang bertajuk Pertemuan ProAir dan Serah Terima Aset Proyek ini diselenggarakan di Hotel Kristal, Kupang, pada tanggal 16-19 November 2009. Pertemuan ini diikuti perwakilan dari Pemerintah Pusat (Bappenas, Depkes, Depdagri), Pemerintah Propinsi NTT, Pemerintah Kabupaten Penerima Bantuan ProAir (Sumba Barat, Sumba Barat Daya, Sumba Timur, Timor Tengah Selatan, Alor, Ende), Lembaga Donor ProAir (KfW dan GTZ), dan Konsultan ProAir (Rodeco).
       
Pertemuan ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan kegiatan ProAir di daerah NTT, menyampaikan hasil kunjungan lapangan yang telah dilaksanakan misi KfW, dan menyepakati langkah-langkah pengelolaan sarana AMPL paska serah terima. Hasil yang diharapkan adalah tersusunnya rencana tindak lanjut pengelolaan sarana terbangun, dan dilaksanakannya serah terima aset (sarana air bersih) oleh Sekretaris Eksekutif Sekretariat ProAir Pusat. Karena beberapa hal, kegiatan sertah terima aset diundur menjadi tanggal 28 November 2009, dan akan dihadiri oleh Menteri Kesehatan.

Acara hari pertama terdiri dari Sambutan oleh Pokja AMPL Nasional, diwakili Wan Alkadri (Departemen Kesehatan), lalu dilanjutkan dengan Pembukaan oleh Wakil Gubernur Propinsi NTT. Hari pertama diakhiri dengan rangkaian Presentasi Kesinambungan Program AMPL BM dari Direktur PL Depkes, Presentasi Kemajuan Pelaksanaan Program ProAir oleh Donor, Konsultan ProAir (Rodeco) serta Pemerintah daerah. Pada hari pertama terungkap beberapa permasalahan, seperti permasalahan terlambatnya pelaksanaan konstruksi, belum jelasnya prosedur serah terima aset dan mekanisme pengelolaan aset paska serah terima, keterlambatan pencairan dana, dan permasalahan seringnya pergantian konsultan pendamping sehingga membingungkan pemerintah daerah.
       
Acara hari kedua diisi dengan presentasi Prinsip Dasar Keberlanjutan Proyek AMPL BM oleh Kasubdit Persampahan dan Drainase Bappenas. Pada sesi ini peserta cukup antusias bertanya mengenai prinsip dan strategi keberlanjutan paska proyek AMPL. Sesi berikutnya adalah Presentasi exit strategy Program ProAir daerah, yang disampaikan oleh p[erwakilan 6 Kabupaten penerima program ProAir di Provinsi NTT.

Sesi terakhir dalam pertemuan ini adalah diskusi kelompok mengenai langkah dan strategi keberlanjutan (exit strategy) paska proyek yang dibutuhkan daerah, serta rencana tindak lanjut pemerintah daerah untuk memastikan keberlanjutan proyek ProAir di daerah masing-masing. Acara ditutup oleh Rheidda Pamudy (Ditjen Bina Bnagda Depdagri), yang menyampaikan harapan agar ProAir dapat dijaga keberlanjutannya dan direplikasi oleh Pemerintah Daerah.

Daftar Isi:

Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Kata Pengantar
Rangkuman Prosiding
Daftar Singkatan

Bab I. Pendahuluan
1.1    Latar Belakang
1.2    Tujuan
1.3    Keluaran
1.4    Peserta
1.5    Waktu dan Tempat
1.6    Narasumber dan Fasilitator
1.7    Agenda Kegiatan
1.8    Alur Pertemuan

Bab II. Proses Pertemuan

2.1 Hari 1, Selasa 17 November 2009
2.1.1 Laporan Panitia Pelaksana Pertemuan dan Serah Terima Aset ProAir, Indar Parawansa (Ditjen Bina Bangda Depdagri)
2.1.2 Sambutan Tim Pengarah Pusat oleh Wan Alkadri (Direktur Penyehatan Lingkungan Ditjen PP&PL Depkes)
2.1.3 Arahan dan Pembukaan oleh Esthon L. Funay, Wakil Gubernur Provinsi NTT
2.1.4 Presentasi Strategi Kesinambungan Program AMPL BM oleh Wan Alkadri
2.1.5 Presentasi Progress Pelaksanaan ProAir
2.1.6 Presentasi Expose  Pelaksanaan ProAir di Daerah Sesi 1
2.1.7 Presentasi Expose Kemajuan Pelaksanaan ProAir di Daerah Sesi 2

2.2 Hari 2, Rabu 18 November 2009
2.2.1 Review Kegiatan Hari 1
2.2.2 Presentasi Prinsip Dasar Keberlanjutan Program AMPL BM
2.2.3 Expose Strategi Paska Proyek ProAir
2.2.4 Diskusi Kelompok Exit Strategy ProAir Daerah

Bab III. Hasil Pertemuan
3.1 Diskusi Kelompok
3.2 Rencana Tindak Lanjut

Lampiran A. Sesi Tanya Jawab
Lampiran B. Hasil Diskusi Kelompok
Lampiran C. Daftar Hadir Peserta



Post Date : 08 Juni 2010