Prosiding Pertemuan Nasional Pelaku Pembangunan AMPL-BM (Air Minum dan Penyehatan Lingkungan Berbasis Masyarakat) Hotel Mercure Rekso, Jakarta 2-4 November 2009

Penerbit:Jakarta, Direktorat Jenderal Pembangunan Daerah, Departemen Dalam Negeri Pokja AMPL Nasional, 2009, iv + 69 hal
Tahun Terbit:Th. 2009
No. Klasifikasi:363.7 DIR p
Kata Kunci:prosiding, AMPL-BM, sanitasi, Loknas Bangda, Jakarta
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Prosiding

Saat ini pembangunan AMPL BM di Indonesia mengalami kemajuan pesat, dengan pengarusutamaan perubahan paradigma dari yang hanya melakukan konstruksi sarana dan prasarana menjadi berbasis masyarakat. Pengarusutamaan paradigma ini juga diimplementasikan melalui disusunnya kebijakan AMPL berbasis masyarakat, baik di tingkat pusat maupun di daerah. Pertemuan Nasional AMPL Berbasis Masyarakat ini merupakan suau pertemuan koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah untuk membangun sinergi pusat, daerah dan pihak lain dalam pengelolaan program AMPL dalam rangka pemenuhan target RPJMN Bidang Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (AMPL) tahun 2010-2014. Dari pertemuan ini diharapkan daerah memahami kebijakan Nasional AMPL-BM untuk kemudian disinergikan dengan pembangunan AMPL yang dijalankan di daerah.
       
Prosiding ini memuat rincian kegiatan yang dilakukan dalam pertemuan Nasional AMPL BM di Hotel Mercure Rekso pada 2-4 November 2009. Kegiatan pemaparan kebijakan dan progress pembangunan AMPL yang dilakukan antara lain: Presentasi Kebijakan AMPL di Tingkat Pusat dari departemen dan kementerian terkait; Penjelasan Progress Pencapaian Pelaksanaan Program AMPL-BM di Indonesia (WES-UNICEF, WSLIC, SANIMAS, PAMSIMAS, ISSDP, CWSH, ProAir); dan Pemaparan Best Practices pelaksanaan Pembangunan AMPL di daerah oleh empat kabupaten terpilih.
       
Dalam pertemuan ini juga dilakukan identifikasi isu dan permasalahan serta rekomendasi pembangunan AMPL yang ada di daerah sebagai masukan bagi pelaksanaan pembangunan AMPL ke depan. Dalam kesempatan ini, diperkenalkan Program Waspola Facility sebagai lanjutan dari program Waspola. Waspola Facility nantinya akan berperan untuk memfasilitasi Pemerintah Indonesia (pusat maupun daerah, dan program AMPL BM) dalam hal-hal yang terkait kebijakan AMPL BM.
   
Selain pemahaman peserta mengenai kebijakan AMPL di tingkat pusat dan status pelaksanaan pembangunan AMPL di daerah, beberapa hasil yang diperoleh dari Lokakarya ini adalah: Informasi Kunci Pembangunan AMPL di daerah, Isu-Permasalahan dan Rekomendasi Pelaksanaan Program AMPL BM, Dukungan yang diperlukan dalam pembangunan AMPL di daerah, dan usulan kegiatan yang akan difasilitasi oleh Waspola Facility.

Daftar Isi:

Daftar Isi

Kata Pengantar

Ringkasan Eksekutif

Bab I. Pendahuluan

Bab II. Proses Lokakarya

Bab III. Hasil Lokakarya

Lampiran 1. Sesi Tanya Jawab

Lampiran 2. Evaluasi Lokakarya

Lampiran 3. Angket Informasi Waspola Facility

Lampiran 4. Isu, Masalah, dan Rekomendasi bagi Program AMPL BM

Lampiran 5. Dukungan yang Diperlukan Daerah

Lampiran 6. Daftar Peserta Pertemuan



Post Date : 01 April 2010