PT Aetra Air Jakarta

Sumber:Business Review - 30 Desember 2010
Kategori:Air Minum

Rencana Operasional Sesuai Strategi Bisnis Perusahaan

PT. Aetra Air Jakarta mengembangkan kemampuan perusahaannya untuk melakukan, mengelola, menyusun rencana operasional sesuai strategi bisnis perusahaan terhadap aktivitas di masing-masing unit dan antar unit terkait agar aktivitas berjalan dengan lancar, cepat dan sesuai dengan target produktivitas dan waktu yang ditetapkan dengan menggunakan sistem yang telah ditetapkan oleh perusahaan.

Adapun sistem tersebut menyebutkan lima level Operation Management PT AETRA, yakni (1) Kemampuan memformulasikan atau melakukan modofikasi strategi pelaksanaan Bisnis di area kerja pemegang jabatan maupun unit kerja lain yang terkait dengan area kerja pemegang jabatan untuk mencapai standar kualitas yang lebih tinggi. (2) kemampuan menganalisa dan mengevaluasi aktivitas bisnis di area kerja pemegang jabatan maupun unit kerja lain yang terkait dengan area kerja pemegang jabatan. (3) Kemampuan mengelola aktivitas bisnis di area kerja pemegang jabatan dengan standar kualitas yang ditetapkan, (4) Kemampuan melaksanakan dan melaksanakan dan menyelesaikan proses aktivasi Operasional Bisnis di area kerja pemegang jabatan, dan (5) Kemampuan menjelaskan aktivitas operasional terkait Operasional Bisnis dalam area kerja pemegang jabatan.

Dakam hal penanganan pelanggan, perusahaan berkonsisten dalam menyediakan pelayanan terbaik. PT Aetra memiliki kemampuan melaksanakan dan menyelesaikan proses aktivitas operasional penanganan pelanggan yaitu penerimaan keluhan, tindak lanjut keluhan, update progress, penyelesaian keluhan, umpan balik, dan informasi penanganan dalam database kepelangganan. Contohnya: mampu mencatatkan keluhan pelanggan tersebut dalam sistem, mampu menggunakan fitur sistem untuk memeriksa progress, menginput hasil akhir ke dalam sistem dan menelepon pelanggan mengenai hasil tindak lanjut.

Syahril Japarin CEO PT AETRA Air Jakarta

Cerdas dan Visioner


Cerdas, visioner, berpikiran maju dan Empowering adalah kekuatan yang dimiliki CEO AETRA sehingga berdampak besar pada perubahan pengelolaan perusahaan tersebut. Syahril tercatat sebagai ekspert yang berpengalaman dalam pengelolaan air minum. Sebelumnya adalah menjabat Dirut PDAM Kota Pontianak dan atas prestasinya mengelola perusahaan air minum tersebut, Syahril pernah meraih penghargaan sebagai CEO BUMD terbaik.

Dari Pontianak Syahril hijrah ke Aetra. Ternyata di tangan Syahril Japarin, Aetra sukses menunjukan prestasi kerjanya yang mengagumkan. Terobosan syahril di Aetra adalah mengoptimalkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten, dengan melakukan reenginering di tahun 2008 dan berlanjut di tahun 2009. selain faktor SDM Aetra memiliki kemampuan untuk berinvestasi.

Syahril memaparkan program kerja Aetra hingga 2012, yang mengimplementasikan Strategi Hijau untuk meningkatkan tekanan air di pipa-pipa utama Aetra, terutama di Jakarta Utara, dimana tingkat ketergantungan pada air Aetra sangat tinggi.

Sampai saat ini PT Aetra Air Jakarta berhasil meningkatkan penjualan dan pelayanan masih diatas target yang ditetapkan PAM Jaya sampai akhir masa konsesi tahun 2023 mendatang. Untuk memenuhi target yang ditetapkan, Aetra telah menanamkan investasi Rp. 300 miliar untuk perbaikan dan penambahan jaringan baru. Sedangkan pada 2011 akan dipersiapkan investasi baru sebesar Rp 120 miliar. Kormen



Post Date : 30 Desember 2010