Puluhan Rumah Tergenang

Sumber:Koran Sindo - 27 Desember 2012
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
SEKAYU– Sedikitnya puluhan rumah di Desa Peninggalan, Kecamatan Tungkaljaya,Musi Banyuasin (Muba), beberapa hari terakhir terendam luapan Sungai Peninggalan. 
 
Meski sejumlah titik air sudah mulai surut, warga masih dihantui kondisi cuaca yang masih memungkinkan turun hujan. Bahkan, genangan air bisa saja meluas jika dalam beberapa hari ke depan kembali turun hujan.Warga yang tinggal di bantaran sungai merasa khawatir, meskipun ada sebagian yang menganggapnya biasa. Halaman rumah yang terendam membuat warga kesulitan beraktivitas sehari-hari. Mereka terpaksa membuat jembatan darurat menuju rumah atau menggunakan perahu bagi yang punya.Iman,warga Tungkal Jaya, mengatakan, jika hujan terus mengguyur Tungkaljaya,genangan air bisa semakin tinggi. 
 
“Yang kami takutkan, ada hujan di bagian hulu sungai sehingga luapan air bertambah. Kalau itu terjadi,kami terpaksa mengungsi, tapi mudah-mudahan tidak,” ujar dia. Menyikapi meluapnya Sungai Peninggalan,Camat Tungkaljaya Sugeng mengatakan, pada dasarnya banjir seperti ini sudah biasa terjadi. Hal itu disebabkan bagian sungai di dekat pangkal jembatan terbilang dangkal. Karena itu, saat turun hujan di hulu sungai,airnya meluap ke permukiman penduduk. 
 
“Yang kami khawatirkan, dalam beberapa hari ke depan masih hujan deras,ya terpaksa warga kami ungsikan. Itu pun jika memang parah,”katanya. sierra syailendra


Post Date : 27 Desember 2012