Rencana Pembangunan Sanitasi Oleh Masyarakat/Sanimas Untuk Permukiman Padat Dengan Sistem Komunal di Kampung Lingkungan Masjid, Kel. Kauman, Kec. Kepanjen Kidul, Kota Blitar

Pengarang:Masyarakat Bersama Tim Konsultan Sanimas
Penerbit:Blitar, Masyarakat Bersama Tim Konsultan Sanimas, 2003, 17 hal + lamp
Tahun Terbit:Th. 2003
No. Klasifikasi:363. 72 TIM r
Kata Kunci:Proposal Sanimas, sistem komunal, lingkungan masjid, Blitar
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113
Kategori:Laporan

Permasalahan dan kondisi umum penduduk di lingkungan Masjid terdapat 65 KK, 269 jiwa, dari jumlah tersebut yang memiliki jamban sendiri hanya 43%, selebihnya untuk keperluan BAB dengan menggunakan sungai lahar yang berada di sebelah barat kampung. Mereka yang telah meiliki jamban sendiri umumnya tidak menggunakan septiktank sehingga limah air langsung dibuang kesungai/badan air tanpa treatmen sehingga limbahnya mencemari sungai. Sedangkan sungai oleh masyarakat masih digunakan utnuk keperluan mandi dan cuci. Pada umumnya masyarakat menggunakan air bersih dari sumur gali dan PDAM.

Dengan adanya Proposal Rencana Pembangunan Sanitasi Oleh Masyarakat/Sanimas Untuk Permukiman Padat Dengan Sistem komunal di Lingkungan masjid, dengan tujuan agar dana yang telah dialokasikan, sebagaimana tercantum dalam nota kesepakatan antara SANIMAS dengan Pemerintah Kota Blitar tentang pelaksanaan program SANIMAS untuk pembangunan sarana fisik sanitasi masyarakat, segera dicairkan. Serta meningkatkan kesehatan masyarakat dan menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.



Post Date : 21 Desember 2008