Ribuan Orang Kena Diare

Sumber:Indo Pos - 27 Desember 2005
Kategori:Sanitasi
KEDIRI- Wabah diare tetap jadi ancaman serius. Hingga kemarin, sudah ribuan warga Kediri yang terserang penyakit tersebut. Setidaknya berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kediri, jumlah penderita diare hingga November lalu mencapai 21 ribu orang lebih. Tepatnya, sebanyak 21.693 orang.

"Penderita itu tersebar di hampir seluruh kecamatan yang ada," terang Kadinkes dr Suliani Swadji melalui kasubdin Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit (P2P) dr Adi Laksono kemarin.

Untungnya, meskipun jumlah penderita diare mencapai ribuan orang, tetapi sampai dengan saat ini belum ada korban yang meninggal dunia. "Bila dikalkulasi maka dari 1000 penduduk itu terdapat 14,67 orang yang terkena diare," ujar Adi di kantornya kemarin.

Adi mengatakan jumlah penderita diare yang mencapai ribuan tersebut hanya sekitar 0,03 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Kediri yang sekitar 1,4 juta jiwa. "Jumlah penderita diare ini juga masih stabil kok. Tidak ada lonjakan atau penurunan yang berarti dari tahun-tahun lalu. Sebab, pada 2002 jumlah penderita diare di Kabupaten Kediri sebanyak 27.754 orang, pada 2003 sebanyak 26.173 orang dan pada 2004 sebanyak 23.925 orang. "Mungkin pada 2005 ini jumlahnya juga tidak akan berbeda dari tahun yang lalu. Karena jumlah 21.693 penderita ini belum sampai Desember 2005," ujarnya.

Adi mengharapkan agar masyarakat menjaga kebersihan badan dan lingkungan agar terhindar dari penyakit diare. Sebab, penyakit diare tesebut cukup berbahaya jika tidak segera ditangani. "Jika terkena diare maka harus langsung diberi banyak cairan seperti oralit atau larutan gula garam agar bisa menggantikan cairan yang keluar," sarannya.

Adi mengatakan sekitar 60 persen penderita diare yang tercatat di Dinkes adalah anak-anak. Namun banyak juga orang dewasa yang terkena diare. "Yang terpenting itu menjaga kebersihan agar terhindar dari penyakit diare," pungkasnya. (tyo)

Post Date : 27 Desember 2005