Ringkasan Pelaksanaan Lokakarya dan Pelatihan Operasionalisasi Kebijakan dan Penyusunan Rancana Strategis AMPL Daerah, Hotel Marannu - Makasar, 30 Mei - 3 Juni 2005, Green Hill Puncak, 6 - 10 Juni 2005

Penerbit:Jakarta, WASPOLA, 2005, 13 hal
Tahun Terbit:Th. 2005
No. Klasifikasi:371.37 WAS r
Kata Kunci:prosiding, ringkasan, lokakarya, penyusunan renstra AMPL, Makassar, Puncak
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Prosiding

Lokakarya dan Pelatihan (lokalatih) Operasionalisasi Kebijakan dan Penyusunan program pembangunan AMPL daerah merupakan langkah persiapan bagi daerah dalam pelaksanaan kebijakan yahun 2005 yang akan diselenggarakan di 8 propinsi dan 21 kabupaten. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberikan bekal pemahaman mengenai kebijakan nasional AMPL berbasis masyarakat dan operasionalisasinya. Secara khusus kegiatan ini membahas teknis penyusunan rencana strategis pembangunan AMPL daerah dikaitkan dengan upaya pencapaian target layanan sebagaimana diamanatkan dalamMDG.

Secara umum tujuan lokakarya ini adalah meningkatkan pemahaman kebijakan dan operasional serta penyusunan renstra pembangunan AMPL daerah. Sedangkan tujuan khususnya adalah melakukan kajian dan kesamaan persepsi mengenai kebijakan dalam konteks daerah, rating dan signifikan pokok - pokok kebijakan sesuai dengan kebutuhan daerah. Melakukan analisis kebijakan terkini di masing - masing dalam kerangka mencapai target MDG.

Lokakarya dilaksanakan di dua wilayah, mencakup wilayah timur dan wilayah barat mempertimbangkan kedekatan dan kemudahan secara teknis. Wilayah timur mencakup; Gorontalo, Sulawesi Selatan, NTB dan Sulawesi Tenggara dilaksanakan di Hotel Marannu Makassar. Wilayah Barat mencakup Sumatera Bara, Bangka Belitung, Banten dan Jawa Tengah dilaksanakan di Green Hill Puncak.

Lokalatih ini dibagi menjadi dua bagian mencakup pemahaman kebijakan dan penyusunan rencana strategis pembangunan AMPL. Bagian pertama (hari ke 1 dan ke 2); ditekankan pada pemahaman kebijakan nasional pembangunan AMPL berbasis masyarakat dan proses operasionalisasinya dalam kerangka fasilitasi WASPOLA. Sedangkan bagian kedua (hari ke 3 sd ke 5) difokuskan pada peningkatan keterampilan teknis dalam proses penyusunan rencana strategis pembangunan AMPL daerah mencakup; analisis kebutuhan penyusunan program mencakup informasi program rencana pembangunan AMPL terkait dengan produk peraturan daerah yang telah ada untuk diketahui efektifitasnya, pengantar dan teori serta penjelasan langkah-langkah penyusunan renstra dilanjutkan praktek penyusunan renstra. Seluruh proses dilaksanakan secara partisipatif dengan memposisikan semua peserta sebagai narasumber mengenai kondisi daerah masing-masing.

Output dari lokakrya ini adalah adanya kesamaan persepsi mengenai setiap pokok kebijakan dalam konteks daerah dan prioritas serta signifikansinya sesuai dengan kondisi daerah, adanya kesadaran peserta mengenai isu dan permasalahan keberlanjutan pembangunan AMPL daerah, serta praktek secara partisipatif  penyusunan renstra pembangunan AMPL daerah.

Daftar Isi:

1. Pendahuluan
1.1 Latar Belakang
1.2 Tujuan
1.3 Pelaksanaan Lokakarya
1.4 Topik
1.5 Proses
1.6 Peserta
1.7 Keluaran yang Dicapai

2. Pemahaman Kebijakan Nasional Pembangunan AMPL Berbasis Masyarakat
2.1 Memahami Kebijakan
2.2 Signifikasi Kebijakan di Daerah

3. Penyusunan Rencana Strategis AMPL Daerah
3.1 Kaji Ulang Kebutuhan dalam Penyusunan Program AMPL
3.2 Penyusunan Rencana Strategis AMPL Daerah

4. Evaluasi

5. Yang Perlu Ditindaklanjuti di Daerah

Road Mapping Operasionalisasi Kebijakan Nasional Pembangunan AMPL Berbasis Masyarakat Menuju Pencapaian Target MDG 2015 di Daerah
 
 



Post Date : 18 Oktober 2006