Rumah Kompos (Community Based Solid Waste Management)

Penerbit:Jakarta, Lingkungan Sehat Masyarakat Mandiri (Lestari) IDRC Mercy Corps ESP URDI SWISS Contact, 2 hal
No. Klasifikasi:363.728 LIN r
Kata Kunci:leaflet, best practices, rumah kompos, pengolahan sampah berbasis masyarakat
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113, Mercy Corps Indonesia, Telp: 021-7194948
Kategori:Leaflet
Referensi:http://indonesia.mercycorps.org

Proyek ini bertujuan untuk mengumpulkan limbah padat dari seluruh RW, dengan mempekerjakan satu orang manajer dan tiga operator. Sampah kemudian dikumpulkan dengan gerobak dan dibawa ke tempat pengolahan sampah di bawah kolong tol. Di tempat pengolahan tersebut, sampah organik dan sampah yang dapat didaur ulang dipisahkan dan sisanya dikirimkan ke tempat pengolahan sampah sementara untuk kemudian diangkut oleh truk pemerintah. Sampah organik kemudian diolah menjadi kompos, dikemas, dan dijual ke pasaran. Proyek ini menggunakan lahan seluas 590 m2 yang berlokasi di bawah kolong tol, Rumah Kompos, dengan menggunakan composter vertikal dan horizontal, takakura dan teknik open windrow, berlokasikan di Rawa Bebek, RW 13, Penjaringan Jakarta Utara.
 
Proyek ini didanai oleh International Development Research Centre (IDRC) – Canada, dan berusaha membangun kepercayaan melalui kerjasama antara masyarakat pemerintah lokal, membiayai proyek percontohan yang menunjukkan pendekatan inovatif untuk masalah masyarakat, dan mengembangkan insentif ekonomi yang memperkuat masyarakat miskin kota untuk mengurangi kemiskinan serta memperbaiki lingkungan.

Dalam lembaran ini diuraikan mengenai metodologi, tujuan, lokasi, pencapaian, gambaran finansial, kondisi awal, jangka waktu, penerima manfaat, indikator, tantangan, serta referensi/dokumentasi proyek HP3.
 



Post Date : 27 April 2009