Sampah Menumpuk di Kali Pesanggrahan

Sumber:Media Indonesia - 13 Desember 2012
Kategori:Sampah Jakarta
TUMPUKAN sampah di Kali Pesanggrahan membuat saluran air tidak berfungsi. Mulai dari styrofoam, bantal, guling, sandal, hingga kayu batangan bertebaran di Kali Pesanggrahan.
 
Sampah-sampah itu juga tertahan di Jembatan Pos Pengumben, Jakarta Barat. Bahkan, tumpukan sampah itu mampu menahan delapan orang yang berdiri di atasnya.
 
Salah satu warga RT 04/05 Pos Pengumben, Dany, 28, mengatakan sampah tersebut sudah ada sebelum banjir datang, Senin (10/12) malam. Namun, sampah sekarang tidak terlalu banyak ketimbang pascabanjir yang sudah surut pagi tadi.
 
“Air masuk rumah sekitar pukul 01.00, lalu surut pada pukul 07.00 WIB. Ketinggian air mencapai sekitar 30 cm,“ ujarnya saat ditanya wartawan, kemarin.
 
Ia pun mengatakan sampah di Kali Pesanggrahan jarang sekali dikeruk. Biasanya, mereka sudah mendapatkan informasi dari kelurahan jika ketinggian di pintu air Bintaro mulai naik. Warga pun sudah bersiap, dengan mengangkut barang-barang elektronik agar tidak terkena air. 
 
Kepala Seksi Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Sumber Daya Air Suku Dinas Tata Air Jakarta Barat, Nurhadi, mengatakan sampah tersebut hampir menutupi lebar sungai. Kedalaman sampah pun mencapai satu meter dari permukaan kali. Akibatnya, banjir kerap melanda wilayah Pos Pengumben. “Tumpukan sampahnya padat, pekerja yang membersihkan tidak kejeblos. Saat ini, kami coba kurangi sedikit-sedikit,“ tuturnya.
 
Sudin PU Tata Air pun mengaku sudah menurunkan delapan pekerja agar bisa mengurangi volume sampah. Sebab arus air yang masih tinggi dapat membahayakan pekerja.
 
Nurhadi melanjutkan pembersihan sampah di Kali Pesanggrahan sebenarnya menjadi kewenangan Kementerian PU. “Ini ada di wilayah kita, jadi dibersihkan semampunya saja. Kami juga meminta warga untuk tidak membuang sampah sembarangan, harus bekerja sama biar berhasil,“ pungkasnya.
 
Pembersihan kali secara manual tidak akan bisa berjalan efektif hingga membuat kali benar-benar bersih . Alasannya, sampah berada di aliran air sehingga pasti ada sampah yang terlewat dan terbawa lagi. (*/J-3)


Post Date : 13 Desember 2012