Sejumlah Daerah Dilanda Banjir

Sumber:Media Indonesia - 01 November 2012
Kategori:Banjir di Luar Jakarta
HUJAN deras di beberapa wilayah, kemarin, menyebabkan banjir. Kawasan yang ke banjiran itu antara lain Cianjur, Aceh, Sumatra Barat, dan Batam.
 
Banjir di Kampung Tarandam Muaralabuh, Kecamatan Sungai Pagu, Kabupaten Solok Selatan, Sumatra Barat, bahkan mencapai 1 meter.
 
Tokoh masyarakat Kampung Tarandam Afriadi Nursal mengatakan hujan deras yang mengguyur daerah itu sejak Selasa (30/10) sore telah menyebabkan air menggenangi permu kiman warga sejak pukul 23.30 WIB dengan ketinggian mencapai 1 meter.
 
“Di dalam rumah warga air mencapai 90 cm dan banjir baru mulai menyusut sekitar pukul 04.00, Rabu pagi,” ujarnya, kemarin.
 
Di Aceh, banjir menggenangi enam desa di Kecamatan Tripa Makmur, Kabupaten Nagan Raya, sejak Senin (29/10) hingga kemarin. Sungai Krueng Lamie yang melintasi kawasan itu meluap setelah diguyur hujan terus-menerus.
 
Enam lokasi yang terendam itu ialah Desa Ujoeng Krueng, Neubok Yee PP, Neubok Yee PK, Drien Tujoh, Kuala Tripa, dan Desa Babah Lueng.
 
Ratusan rumah terendam banjir dengan ke tinggian sekitar 80 cm-1 meter.
 
Di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, sejumlah rumah juga terendam banjir akibat meluapnya air sungai bersamaan turunnya hujan deras, Selasa (30/10) malam. Meskipun tidak ada korban jiwa maupun kerugian materiil, kejadian tersebut mengagetkan warga lantaran terjadi mendadak.
 
Di Jalan Aria Cikondang, Kelurahan Sayang, Kecamatan Cianjur, misalnya, luapan air sungai merendam sejumlah rumah warga hingga mencapai 80 cm.
 
“Hujan malam itu memang sangat deras, tidak seperti biasanya. Rupanya sungai tak mampu menampung debit air, sehingga meluap. Jadi seperti di Jakarta,” kata Awang, 46, warga Gang Harapan I, kemarin.
 
Di Batam, angin kencang dan hujan deras, kemarin, menyebabkan tujuh kecamatan banjir, yakni Sagulung, Batam Kota, Bengkong, Batu Ampar, Sekupang, Bulang, dan Lubuk Baja.
 
Kawasan paling parah dilanda banjir setinggi 1 meter adalah sekitar Jembatan I Barelang di depan kantor Brimob Polda Kepri. (MR/BK/HK/Ant/N-1)


Post Date : 01 November 2012