Seminar Teknologi Tepat Guna Pengolahan Limbah Cair: Saatnya Untuk Melangkah.

Penerbit:Yogyakarta, Pusteklim, Jica, JBIC, Wsp & Waspola, 186 hal, 2004
Tahun Terbit:Th. 2004
No. Klasifikasi:363.728 PUS s
Kata Kunci:Seminar, Limbah Cair, Lingkungan
Lokasi:Perpustakaan AMPL
Kategori:Prosiding

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki prasarana limbah dan sanitasi yang paling sedikit di Asia. Selain limbah rumah tangga, perluasan kegiatan industri yang tanpa kendali dengan fasilitas pengolahan pembuangan limbah yang kurang memadai menyebabkan pencemaran air permukaan dan air tanah yang sangat luas yang kemudian menyebabkan penurunan kesehatan dan kerugian ekonomi yang cukup besar. Masalah berat ini tidak hanya dapat ditangani oleh pemerintah saja, tetapi butuh bantuan dari semua pihak yang berkepentingan dalam pembangunan. Seminar Teknologi Tepat Guna Pengolahan Limbah Cair: Saatnya untuk Melangkah ini merupakan satu langkah awal untuk mengatasi permasalahan ini.

Tujuan dari dari diadakannya seminar ini adalah berbagi perkembangan teknologi yang berkaitan dengan perkembangan teknologi pengolahan limbah cair untuk memecahkan masalah yang sedang dihadapi negara-negara berkembang, serta berbagi informasi pola kerja antar pemerintahan bilateral maupun multilateral untuk mendorong kerjasama dan langkah konkret selanjutnya.

Seminar ini dipersiapkan oleh Pusteklim, yaitu program kerjasama antara APEX (Asian People’s Exchange) LSM yang ada di Jepang dengan LSM yang ada di Indonesia yaitu Yayasan Dian Desa melalui JICA’s Partnership Program. Seminar ini dihadiri oleh wakil dari berbagai organisasi, seperti LSM, Pemerintah, Perguruan Tinggi, Sektor Swasta, dan masyarakat umum. Seminar ini berisi presentasi makalah-makalah dari hasil penelitian, pengalaman, maupun temuan dari narasumber, diskusi panel, dan pers conference.



Post Date : 18 September 2004