Si Api Biru dari Limbah

Kategori:Inovasi Teknologi
Referensi:Majalah Gatra

Banyak manfaat yang telah diambil dari sampah. Kali ini, Soelaiman Budi Sunarto "menyulap" sampah menjadi bahan bakar gas. Terobosan Soelaiman ini memecahkan dua masalah sekaligus. Yakni, menangguli pencemaran lingkungan dari limbah sampah, sekaligus membantu mengatasi keterbatasan bahan bakar minyak.

Untuk membuat gas dari sampah ini, digunakan teknologi sederhana. Yakni dengan mengondisikan pembakaran sampah kering secara tidak sempurna, sehingga menghasilkan gas yang bertekanan. Selanjutnya gas yang bertekanan ini disalurkan ke berbagai tungku atau kompor. Nah, gas inilah yang menghasilkan nyala api biru. Untuk menjaga tekanan gas yang tidak terpakai, gas disalurkan ke air.

Teknologi sederhana ini bisa digunakan di mana saja. Termasuk di lingkungan rumah tangga, karena bahan dasar utamanya adalah sampah kering yang melimpah di hampir setiap tempat. Karenanya, penemuan Soelaiman ini dapat menciptakan kemandirian masyarakat akan kebutuhan bahan bakar minyak. Selain itu, api biru dari sampah ini cocok dipakai untuk usaha kecil dan menengah. Hidayat Gunadi

Inovator: Soelaiman Budi Santoso, SH, MM, MBA Lembaga: Agro Makmur Status Paten: Dalam proses pengajuan hak paten



Post Date : 19 Agustus 2009