Sulitnya Mencapai Target MDGs untuk Pemenuhan Air Bersih

Sumber:Suara Pembaruan - 04 Desember 2009
Kategori:MDG

Manajemen Danone Aqua sesaat setelah menerima MDGs Award untuk Kategori Pelestarian Lingkungan, di Studio Metro TV, Jakarta 25 November 2009 berfoto bersama (kiri ke kanan) Direktur CSR Yann Brault, Direktur Corporate Communication Troy Pantouw, President Director PT TIV Danoen Aqua Bernard Ducross, Duta Besar Khusus MDGs Program Asia Pacific Erna Witoelar, President Director PT AGM tbk Parmaningsih Hadinegoro, dan Manager CSR Binahidra Logiardi.

Direktur Permukiman dan Perumahan Bappenas Budi Hidayat mengatakan, target pemenuhan sambungan air bersih sekitar 40 juta sambungan air bersih sesuai dengan target MDGs sulit tercapai. "Saat ini baru tujuh juta sambungan, tampaknya sulit untuk memenuhi target itu, baru 18 persen, untuk target tahun 2009 sebesar 10 juta sambungan saja kita masih sulit," katanya dalam acara temu media dengan Bappenas di Bogor, Jawa Barat akhir November.

Budi Hidayat menjelaskan, sesuai target MDGs, pada 2014 seharusnya telah mencapai 50 persen jumlah perumahan, sehingga mencapai 40 juta sambungan air bersih. Menurut dia, kesulitan dalam mendorong sambungan air bersih, terutama karena pertumbuhan penduduk yang tinggi sekitar dua persen per tahun, sulit diimbangi dengan pertumbuhan penyediaan prasarana air bersih.

Salah satu pelaksanaan program MDGs di Indonesia adalah melalui pemberian MDGs Awards kepada berbagai perusahaan dan komitmen pemerintah dalam mendukung pencapaian MDGs. Selain itu, MDGs Awards ini juga bertujuan memfasilitasi serta menginspirasi spembelajaran bersama atas komitmen dan keberhasilan upaya yang telah ada serta mendorong lebih banyak pihak untuk berkomitmen dan berupaya dalam memastikan pencapaian MDGs di Indonesia pada tahun 2015.

Target MDGs itu sendiri terdiri dari delapan aspek, yakni memberantas kemiskinan dan kelaparan, pendidikan dasar untuk semua, kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan, mengurangi angka kematian anak, meningkatkan kualitas kesehatan ibu, memberantas HIV/AIDS, malaria dan penyakit menular lainnya, melestarikan lingkungan, mengembangkan suatu kemitraan global dalam pembangunan.

Raih MDGs Awards

Terkait dengan target ketujuh tersebut, perusahaan air minum, Danone Aqua meraih penghargaan Millenium Development Goals (MDGs) Awards untuk katagori Pelestarian Lingkungan, 25 November 2009. Prestasi itu merupakan tujuan nomor tujuh dari MDGs (tujuan pembangunan milenium) yang dilaksanakan melalui program akses air bersih dan penyehatan lingkungan bagi keluarga-keluarga di Indonesia.

Penyelenggaraan MDGs Awards tahun 2009 di Indonesia merupakan award yang ketiga kali. MDGs Awards ini merupakan hasil kerja sama dengan Metro TV melalui program Save Our Nation through MDGs, demikian diberitakan Antara.

Program akses air bersih dan penyehatan lingkungan merupakan salah satu program MDGs dari PBB, yang disepakati oleh 189 kepala negara dan pemerintahan termasuk Pemerintah Indonesia, melalui Deklarasi Millennium pada tahun 2000.

Presiden Direktur PT Tirta Investama (Danone Aqua) Bernard Ducros dalam siaran persnya mengatakan, perusahaannya mengambil peran aktif dalam memberdayakan masyarakat dan melindungi lingkungan terutama air tanah. Sejak 2006, dengan Model Aqua Lestari telah melibatkan para pemangku kepentingan untuk melaksanakan program-program berbasis masyarakat dalam bidang pengelolaan air, akses air dan kesehatan lingkungan, konservasi, pertanian berkelanjutan, pendidikan, pembangunan ekonomi lokal. [Ant/M-15]



Post Date : 04 Desember 2009