Tur Kampung Pengelolaan Sampah Berbasis Masyarakat di Wonokromo, Surabaya Jawa Timur

Penerbit:ESP - East Java, 2 hal
No. Klasifikasi:363.728 ENV t
Kata Kunci:leaflet, pengelolaan sampah berbasis masyarakat, Wonokromo RW IV, Jatim
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021 - 31904113, Perpustakaan ESP
Kategori:Leaflet

Wonokromo, selama ini dikenal sebagai salah satu daerah kumuh di sisi selatan kota Surabaya. Permukiman padat di pinggiran Kali Surabaya, Jawa Timur. Dulu, permukiman RW VI Kelurahan Wonokromo dikenal sebagai komplek permukiman padat penduduk dan terkumuh.
 
Sosialisasi gencar dilakukan USAID ESP sejak Oktober 2005. Pesan menani hidup bersih dan sehat, termasuk himbauan pengelolaan sampah berbasis masyarakat gencar dilakukan di wilayah ini. Puluhan kader lingkungan bersih dan sehat turut aktif melalui beberapa pelatihan mengenai peningkatan kesehatan dan kebersihan juga pengelolaan sampah. Selanjutnya, mereka secara aktif menjaga pesan tersebut di lingkungannya.
 
Semula, hanya 38 warga direkrut pada awal 2006. Kini, lebih dari 500 warga turut secara aktif dalam kegiatan ini. Oleh masyarakatnya sendiri, Wonokromo berbenah mengubah wajah lingkungannya. Perkampungan ini kini telah tertata bersih, hijau, dan sehat. Dan dikenal sebagai daerah percontohan dan tujuan belajar untuk pengelolaan sampah berbasis masyarakat bagi warga lain di Jawa Timur, Jawa Tengah dan Jawa Barat juga bagi warga asing.
 
Di Wonokromo RW IV, terdapat beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi, dipelajari dan berbagi pengalaman di program pengelolaan sampah berbasis masyarakat. Para kader Wonokromo akan menyambut dengan ramah disana untuk membantu, berbagi pengalaman, serta mengantar anda berkeliling perkampungan ini.
 
Dalam leaflet ini diuraikan mengenai tempat-tempat dan kegiatan menarik yang dapat kita kunjungi dalam mengambil hikmah mengenai pengelolaan sampah berbasis masyarakat di Wonokromo, Surabaya, Jawa Timur.
 



Post Date : 24 April 2009