UI Kelola Sampah Sendiri

Sumber:Koran Sindo - 10 Oktober 2011
Kategori:Sampah Jakarta

DEPOK – Universitas Indonesia (UI) akan mengelola sampah secara mandiri. Rektor UI Gumilar R Somantri menuturkan, produksi sampah di lingkungan kampus itu mencapai empat truk setiap hari.

Bahkan, pada libur panjang sampah menumpuk pada hari libur panjang. Untuk itulah, pihaknya menggagas unit pengelolaan sampah (UPS) di lingkungan kampus.“Pengelolaan sampah yang baik akan menjadikan sampah barang bernilai tinggi. Kuncinya adalah pada pemilihan sampah,”tutur Gumilar.

Dia menambahkan,pola pikir masyarakat harus diubah. Misalnya dengan membiasakan memilih antara sampah organik dan nonorganik. “Selain adanya hanggar UPS, kita juga perlu mengubah mindset. Jangan seenaknya menyatukan sampah dalam satu tempat,” terangnya.

Direktur Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) Johny Wahyuadi mendukung keberadaan UPS tersebut.UPS yang merupakan kerja sama antara UI dan Pemkot Depok tersebut berada di lingkungan PNJ, tepatnya di dekat ruang belajar mahasiswa.

“Kita dukung kebijakan tersebut kendati kami (PNJ) tidak dimintai izin mengenai lokasi. Kita lihat dulu nanti prosesnya seperti apa. Yang pasti, kita tanggapi secara positif,”kata Johny. ratna purnama



Post Date : 10 Oktober 2011