Urban Water Conflicts
An Analysis of The Origins and Nature of Water-Related Unrest and Conflicts in The Urban Context

Pengarang:-
Penerbit:The International Hydrological Programme (IHP) of the United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO)
Kategori:Privatisasi
Referensi:http://unesdoc.unesco.org/images/0014/001490/149032E.pdf
Permasalahan air di perkotaan umumnya disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya yaitu kualitas dan kontinuitas pelayanan air minum, kualitas pengolahan air limbah, dampak dari penggunaan dan ketidaktepatan penggunaan sumber air, investasi, besarnya tarif dan pengembalian modal.

Koleksi essay ini menggambarkan beberapa permasalahan air di wilayah perkotaan yang terdapat di beberapa negara, yaitu di Brazil, Argentina, Meksiko, Indonesia, India, Italia, Perancis, dan Jerman Timur. Setiap negara memiliki karakteristik tersendiri yang menyebabkan permasalahan air minum berbeda antara negara satu dengan lainnya. Sebagai contohnya pelayanan air minum yang dikomersialisasi, untuk negara-negara di benua Eropa hal tersebut tidak menjadi permasalahan namun di negara-negara berkembang justru masih diperdebatkan karena masih banyaknya penduduk miskin yang tidak mampu membayar tariff yang dibebankan kepada mereka.

Pada bagian akhir dari setiap essay yang ditampilkan, terdapat kesimpulan yang berisi tentang akar permasalahan yang menjadi konflik di setiap negara. Analisis untuk mendapatkan solusi terhadap permasalahan tersebut juga dipaparkan pada kesimpulan.

Post Date : 17 Februari 2007