Wah, Sekitar Bandara Soekarno-Hatta Jadi Tempat Pembuangan Sampah

Sumber:Kompas - 29 Juni 2009
Kategori:Sampah Jakarta

TANGERANG, KOMPAS.com — Masyarakat resah dengan banyaknya tempat pembuangan sampah liar di sekitar Bandara Internasional Soekarno-Hatta terutama di Kelurahan Selapajang Jaya, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang, Banten.

Kepala Dinas Kebersihan Pemkot Tangerang H Karsidi saat dihubungi, Senin (29/6), membenarkan adanya tempat pembuangan sampah liar di sekitar bandara.

Dia mengatakan, dari laporan petugas kebersihan, memang ada beberapa tempat pembuangan sampah, seperti di Neglasari dan Kelurahan Benda serta di Selapajang Jaya.

Namun, keberadaan sejumlah tempat liar itu sangat mengganggu akibat sampah dibuang pada sembarang tempat dan tidak dikelola dengan baik sehingga menimbulkan aroma tidak sedap.

Menurut dia, TPA yang di dekat bandara internasional itu berasal dari pembuangan beberapa pabrik di wilayah Kecamatan Kalideres dan Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, yang sengaja dilakukan malam hari menggunakan truk.

Sementara itu, Wali Kota Tangerang H Wahidin Halim di lokasi terpisah mengatakan dari laporan warga, mereka memergoki sopir truk sampah dari Jakarta Barat yang sengaja membuang sampah di Selapajang Jaya, padahal di lokasi itu tanah kosong.

Halim mengatakan keberadaan tempat pembuangan sampah tidak resmi itu tentunya mengusik kenyamanan warga setempat karena, bila ditiup angin kencang, maka aroma tidak sedap akan berembus ke rumah penduduk.

Bahkan, selama dua kali dalam seminggu, aroma tidak menyenangkan itu selalu berembus hingga ke rumah penduduk karena sampah berserakan.

Padahal, tempat pembuangan sampah liar itu letaknya berdekatan dengan lokasi resmi di Rawa Kucing, Kecamatan Neglasari, yang dikelola Dinas Kebersihan Pemkot Tangerang.



Post Date : 29 Juni 2009