Warga Khawatirkan Tumpukan Sampah

Sumber:Republika - 21 April 2006
Kategori:Sampah Luar Jakarta
BANDUNG -- Warga Kota Bandung mengkhawatirkan dampak buruk dari tumpukan sampah yang kini terlihat di sejumlah tempat pemuangan sampah (TPS). Bila tak cepat diangkat, mereka khawatir akan mengganggu kesehatan, kenyamanan, dan keindahan Kota Bandung.

''Pemkot Bandung harus lebih serius menangani sampah,'' ujar warga Cicadas, Andi Ruswandi, kepada Republika, Kamis (20/4). Ia menambahkan, dari informasi yang didapatkannya di koran, TPA baru siap dua pekan lagi.

Namun dengan kondisi sekarang, ia tidak yakin sampah akan tertampung di TPS. ''Sekarang aja, sampah di TPS sudah menggunung. Paling, besok pun sudah meleber ke mana-mana,'' tandasnya.

Sementara itu, pedagang di Pasar Sederhana, Iman, mengatakan, tumpukan sampah sudah mengganggu. Biasanya, kata dia, sampah di TPS Sederhana diangkut oleh PD Kebersihan. Namun sekarang, sampah itu dibiarkan menumpuk. Ia mengaku yakin, dalam waktu dekat ini lalat-lalat pembawa penyakit akan datang.

Dihubungi secara terpisah, Direktur Operasional PD Kebersihan Kota Bandung, Cece Iskandar, mengatakan, kemampuan TPS untuk menampung sampah di Kota Bandung terbatas. Dengan volume sampah sebanyak 7.500 m3 per hari, kemungkinan TPS-TPS terutama yang berukuran kecil, hanya mampu menampung untuk sepekan lagi. (ren )

Post Date : 21 April 2006