Warga PCI Mengeluh Sampah tak Diangkut

Sumber:Pikiran Rakyat - 08 Maret 2006
Kategori:Sampah Luar Jakarta
CIANJUR, (PR).Ratusan warga Perumahan Pesona Cianjur Indah (PCI) di Kecamatan Cianjur mengeluhkan tidak adanya angkutan sampah dari bagian kebersihan Pemkab Cianjur selama tiga minggu terakhir. Akibatnya, sampah rumah tangga dibiarkan menumpuk di depan rumah warga dan mulai mengeluarkan bau busuk yang tidak sedap.

Menurut keterangan Ketua RT 02/RW 15 Desa Nagrak, Cep Sudirman, warga di perumahan mengeluhkan bau tidak sedap yang berasal dari tumpukan sampah di depan rumah mereka yang mulai membusuk akibat tidak adanya mobil dan petugas pengangkut sampah selama hampir tiga minggu lebih.

"Selain menimbulkan bau yang tidak sedap dan mengganggu kenyamanan, warga juga khawatir sampah yang dibiarkan membusuk akan menjadi sumber penyakit apalagi saat ini sedang dalam musim hujan," ujar Cep Sudirman yang ditemui, Selasa (7/3) lalu.

Seorang warga perumahan PCI, Tika Latifah (27) menyatakan tidak mengerti kenapa selama tiga minggu lebih tidak ada petugas yang datang untuk mengangkut sampah. Padahal selama ini ia dan warga lainnya tidak pernah terlambat membayar iuran untuk kebersihan.

"Selama ini warga tidak pernah terlambat membayar iuran kebersihan, tapi kenapa sampai tiga minggu sampah di depan rumah dibiarkan bertumpuk dan tidak diangkut," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ciptakarya Kabupaten Cianjur, Drs, Burdah Atori yang menangani bidang kebersihan membenarkan belum terangkutnya sampah di perumahan PCI selama hampir tiga minggu lebih. Dan ia baru mengetahuinya setelah mendapat keluhan dari sejumlah warga PCI.

"Baru tadi saya juga dihubungi oleh warga PCI yang mengadukan tidak terangkutnya sampah di perumahan mereka," ujar Burdah yang dihubungi, Selasa (7/3).

Menurut Burdah, setelah pihaknya memanggil bagian kebersihan dan ditanyakan penyebab tidak terangkutnya sampah di Perumahan PCI, ternyata hal ersebut disebabkan adanya keengganan petugas angkutan sampah karena sampai saat ini pihak warga di perumahan belum membayar retribusi sampah.

"Tapi, saya sudah perintahkan petugas kebersihan untuk mengangkut sampah di perumahan pesona. Kalau tidak hari ini, paling lambat besok sampah yang ada disana sudah diangkut," kata Burdah. (A-104)

Post Date : 08 Maret 2006