WASPOLA Facility

Penerbit:Jakarta, Kelompok Kerja AMPL Nasional Sekretariat WASPOLA Facility, 2009, 4 hal
Tahun Terbit:Th. 2009
No. Klasifikasi:025.342 KEL w
Kata Kunci:brosur, Waspola Facility, AMPL
Lokasi:Perpustakaan AMPL, Telp. 021-31904113, Perpustakaan WASPOLA
Kategori:Leaflet

Selama tahun 1998-2009, Pemerintah Indonesia telah menyelenggarakan program reformasi kebijakan di bidang pembangunan air minum dan penyehatan lingkungan (AMPL) melalui proyek Water Supply and Sanitation Policy Formulation and Action Planning (WASPOLA) dalam upaya membangun paradigma pembangunan AMPL yang berkelanjutan. Upaya WASPOLA masih perlu dilanjutkan khususnya dalam upaya tindak lanjut penyusunan Kebijakan Nasional AMPL Berbasis Lembaga dan perluasan adposi kebijakan Nasional Pembangunan AMPL Berbasis Masyarakat. Upaya pemenuhan akses masyarakat terhadap air minum dan sanitasi dasar merupakan tanggung jawab bersama para pemangku kepentingan di tingkat pusat dan daerah. Penguatan kapasitas dalam pengembangan program, pelaksanaan kebijakan serta manajemen sektor AMPL telah menjadi kebutuhan. Atas dasar itulah WASPOLA Facility dilaksanakan sebagai salah satu upaya agar AMPL menjadi kepedulian bersama sekaligus dorongan terhadap akselerasi pencapaian tujuan pembangunan millenium (millenium Development Goals/ MDGs).
 
WASPOLA Facility dirancang sebagai upaya tindak lanjut proyek WASPOLA, guna mengoptimalkan dan menindaklanjuti hasil yang telah dicapai. WASPOLA Facility didanai oleh AusAID melalui Trust Fund World Bank, dengan Bappenas sebagai Executing Agency. Istilah ”facility“ dalam program ini mengandung pengertian bahwa program ini memfasilitasi dukungan berupa bantuan teknis bagi Pemerintah maupun Pemerintah Daerah serta pihak-pihak terkait dalam peningkatan efektivitas pelaksanaan pembangunan air minum dan penyehatan lingkungan.
 
Tujuan umum WASPOLA Facility adalah meningkatkan akses masyarakat, khususnya kelompok masyarakat miskin, terhadap air minum dan sanitasi yang lebih baik dan berkelanjutan, serta memberikan kontribusi terhadap peningaktan ekonomi.
 
Leaflet ini berisi informasi lengkap mengenai apa dan siapa WASPOLA Facility.
 



Post Date : 05 November 2009