Yudhi: Waspada Diare

Sumber:Banjarmasin Post - 05 Oktober 2006
Kategori:Sanitasi
Banjarmasin, BPost Walikota Banjarmasin Yudhi Wahyuni mengimbau kepada warga, khususnya yang bermukim di pinggiran sungai, agar waspada terhadap bahaya diare yang biasa mengancam ketika kemarau panjang.

Hal senada juga disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin dr Rosalie. Dikatakannya, untuk saat-saat seperti sekarang masyarakat harus ekstra waspada terhadap bahaya diare, karena kondisi lingkungan sangat menunjang terjadinya wabah diare.

Masyarakat hanya bisa terhindar dari ancaman diare apabila selalu menjaga kebersihan badan dan selalu mengonsumsi makanan yang bersih dan mengonsumsi air minum yang sudah dimasak terlebih dahulu.

"Yang paling penting dilakukan adalah air minum harus berasal dari sumber yang bersih dan sebelum diminum wajib dimasak terlebih dahulu. Jangan lupa mencuci tangan sampai bersih sebelum dan setelah makan," ungkapnya.

Meskipun yang digunakan adalah air yang berasal dari aliran PDAM, Rosalie tetap menganjurkan untuk memasaknya terlebih dahulu, agar kondisi air menjadi benar-benar terjamin dan aman bagi tubuh.

"Jika ternyata memang terjadi diare, segera lakukan tindakan pengobatan awal, dengan memberikan larutan oralit yang bisa dibuat sendiri atau membeli di toko-toko obat," ujarnya.

Tetapi jika ternyata gejala diare tetap tidak menghilang dan kondisi tubuh tetap tidak membaik, Rosalie mengingatkan agar segera dibawa ke Puskesmas atau rumah sakit.ck6

Post Date : 05 Oktober 2006