Yudhoyono: Kemiskinan Berkurang Drastis Tahun 2015

Sumber:Suara Pembaruan - 04 Agustus 2005
Kategori:MDG
JAKARTA - Kemiskinan merupakan salah satu musuh bersama yang dihadapi bangsa Indonesia karena itu Indonesia menargetkan untuk mengurangi secara drastis kemiskinan dan kelaparan pada tahun 2015. Demikian disampaikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono saat membuka Regional Ministerial Meeting on Millennium Development Goals (RMMDGs) di Jakarta, Rabu (3/8).

Tujuan dan misi Mille- nium Development Goals (MDG's) menjadi begitu penting bagi Indonesia. Untuk itu Indonesia mendukung gerakan pengentasan masalah-masalah kemiskinan di kawasan Asia Pasifik. "MDGs bukanlah retorika namun lebih merupakan beberapa tujuan untuk menciptakan sesuatu yang lebih baik dikawasan Asia Pasifik yang salah satu tujuannya adalah mengentaskan kemiskinan," tambah Yudhoyono.

Ia mengatakan pada tahun 2015 kita harus bisa mengurangi secara ekstrim kemiskinan dan kelaparan. "Pada tahun itu pula kita secara bersama-sama harus mampu mempromosikan kesetaraan gender dimulai pada lingkungan pendidikan," tambah Yudhoyono.

Selain persoalan diatas, Yudhoyono juga menegaskan negara kawasan Asia Pasifik juga harus mampu menekan penyebaran HIV/AIDS dan kekerasan pada anak-anak terutama balita. Dengan demikian negara -negara di kawasan Asia Pasifik bisa mewujudkan keadilan dan perdamaian dunia.

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Nur Hassan Wirajuda mengatakan pertemuan tingkat menteri kawasan Asia Pacific merupakan usaha bersama guna merealisasikan sejumlah target yang berkaitan dengan MDGs. " Ini merupakan pertemuan pertama kali di kawasan Asia Pasifik dengan seluruh pihak-pihak yang terkait guna mewujudkan target pada tahun 2015, " kata Wirajuda.

Ia mengatakan bahwa pertemuan ini bertujuan untuk memanfaatkan setiap kesempatan dalam menyusun strategi-strategi komplit dan memetakan sejumlah persoalan untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat yang saat ini masih berada digaris kemiskinan.

Wirajuda mengatakan Indonesia sangat memanfaatkan pertemuan ini dengan mencanangkan beberapa inisiatif dalam bentuk " quick wins" dalam rangka mengentaskan kemiskinan, pengurangan penduduk kekurangan gizi, pengurangan kematian balita dan ibu yang melahirkan. Perlu diketahui kawasan Asia Pasifik memiliki kantong -kantong kemiskinan dimasing-masing negara dan tingginya penduduk yang masuk dalam kategori "Poverty trap".

Tercatat 57 % dari 1,3 milyar penduduk miskin dunia sudah ada dikawasan Asia Pasifik ( sekitar 700 juta orang ) yang berarti melebihi jumlah seluruh rakyat Afrika. (W-12)

Post Date : 04 Agustus 2005