AGENDA KEGIATAN

: Sudah Dilaksanakan


Kondisi Air minum dan Sanitasi di Indonesia






Daftar milis_ampl





1000 Toilet Bersih Untuk Sekolah Lebih Sehat

08 November 2012
Dibaca : 315 kali


Semakin hari upaya pembangunan toilet bersih kian gencar dilakukan oleh berbagai pihak.
Salah satu bukti konkritnya dapat dilihat dari Gerakan 1000 Toilet Higienis yang dalam waktu
dekat ini baru saja diluncurkan.

Sudah bukan rahasia lagi, hingga kini kondisi toilet pada sejumlah sekolah di Tanah Air  masih kurang terjaga kebersihannya. Bahkan, sebagian besar toilet sekolah juga masih dalam keadaan kotor, berbau dan tidak layak pakai.

Hal ini sungguh sangat disayangkan, pasalnya kebersihan toilet merupakan salah satu bagian penting dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah. Di mana, dengan kondisi toilet bersih secara tidak langsung keadaan lingkungan sekolah akan menjadi lebih sehat dan nyaman.

Berangkat dari hal itu, Domestos, produk pembersih toilet dan porselen dari PT Unilever Indonesia, Tbk telah meluncurkan Gerakan 1000 Toilet Higienis yang diadakan pada 18 September 2012 lalu.

Kegiatan ini akan menjangkau 1900 toilet di 370 sekolah pada 18 kota di Indonesia. Yang mana, untuk merealisasikan program tersebut, Domestos bekerja sama dengan berbagai pihak, mulai dari pihak sekolah, LSM, hingga Asosiasi Toilet Indonesia (ATI)

Menurut Johan Mantik, Asisten Brand Manager Domestos, Gerakan 1000 Toilet Higienis ini  berawal dari keprihatinan orang tua dan guru akan kondisi toilet di sekolah. “Apalagi, saat ini sebagian besar anak-anak lebih sering menghabiskan waktunya di sekolah,” ungkapnya.

Sementara itu, Sinta Kaniawati dari yayasan Unilever menjelaskan, sekolah dipilih sebagai tempat awal gerakan toilet bersih karena merupakan tempat pemberian pengetahuan awal bagi anak-anak. Di tambah lagi, anak-anak adalah agen perubahan.

“Anak-anak ialah calon pemimpin. Sehingga, bila dari kecil mereka sudah diberi edukasi dan dibiasakan tentang hidup bersih, maka sampai dewasa kebiasan tersebut akan terbawa. Selain, bertujuan agar mereka pandai gerakan ini juga supaya mereka peduli akan kebersihan lingkungan,” kata Sinta dalam acara tersebut.

Bukan hanya, kegiatan membersihkan toilet, Gerakan 1000 Toilet Higienis juga memberikan pelatihan  kepada para guru, siswa, dan orang tua akan pentingnya hidup sehat. Bahkan, dalam acara tersebut pihak Domestos juga mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dan mendukung Gerakan 1000 Toilet Higienis melalui Fanpage Facebook  Domestos.

Sangat pentingnya menjaga kondisi toilet agar tetap bersih dan higienis juga diungkapkan oleh Indy Barends, artis dan presenter ternama Indonesia.

Menurut ibu dua anak ini, dia merupakan orang paling rewel dan bawel di rumah tentang kebersihan toilet. Sebab, kebersihan toilet bisa mempengaruhi kesehatan keluarga.

“Seperti yang kita ketahui bahwa kondisi toilet yang kotor bisa menjadi salah satu sumber penyakit,” ujarnya kepada Pokja AMPL Nasional beberapa waktu lalu.

Wanita kelahiran, Bogor 15 Januari 1972 itu mengungkapkan, walaupun usia kedua jagoannya masih sangat belia, namun dia telah mengajarkan cara menjaga kebersihan toilet dengan baik dan benar. “Bahkan, saya tidak hanya menyuruh mereka untuk tertib buang air besar dan kecil di toilet, tetapi saya juga mengajarkan mereka bagaimana cara membersihkannya,” akunya.

Selain itu, dia pun mengaku bahwa kerap membiasakan kedua buah hatinya untuk membersihkan tempat duduk toilet dengan tisu sebelum mereka mengunakannya. “Selain itu, saya pun selalu mengajarkan dan mengigatkan mereka agar rajin cuci tangan pakai sabun setiap selesai melakukan aktivitas, terutama setelah buang air kecil dan besar, serta sebelum makan,” pungkasnya mengakhiri perbincangan dengan Pokja AMPL Nasional.

*Cheerli, Joko Prasetyo, Mujiyanto* 

Share