AGENDA KEGIATAN

: Sudah Dilaksanakan


Kondisi Air minum dan Sanitasi di Indonesia






Daftar milis_ampl





Buku Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Kesehatan (Juknis BOK) tahun 2013

22 Januari 2013
Dibaca : 1250 kali

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya Buku Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Kesehatan (Juknis BOK) tahun 2013. Buku ini disusun sebagai acuan bagi pengelola BOK di Puskesmas, Kabupaten/Kota dalam memanfaatkan dana BOK tahun 2013.

Buku Juknis BOK tahun 2013 merupakan penyempurnaan dari Juknis BOK tahun 2012 dan di dalamnya terdapat perubahan kebijakan yang sangat penting. Bila tahun sebelumnya BOK difokuskan pada 6 upaya kesehatan promotif preventif meliputi KIA-KB, Imunisasi, Perbaikan Gizi Masyarakat, Promosi Kesehatan,
Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit; maka pada tahun 2013 BOK difokuskan untuk pencapaian MDGs Bidang Kesehatan melalui berbagai kegiatan upaya kesehatan promotif dan preventif yang berdaya ungkit tinggi pada tujuan nomor 1, 4, 5, 6 dan 7, sehingga diharapkan akan tercapai pada tahun 2015.

Penyempurnaan lain adalah penyederhanaan dan penjelasan pengelolaan keuangan dengan memperhatikan kondisi daerah yang sangat beragam dengan
tetap mengedepankan akuntabilitas dan transparansi. Pada tahun 2013, dana BOK disalurkan untuk 9.419 Puskesmas yang tercatat di Kementerian Kesehatan pada tanggal 1 Juli 2012, sehingga belum dapat mengakomodasi pertumbuhan jumlah Puskesmas yang semakin meningkat. Khusus tahun 2013, alokasi BOK untuk Puskesmas khususnya 101 Puskesmas yang berada di perbatasan dengan negara tetangga dan pulau-pulau terluar mendapat tambahan 100 juta/Puskesmas/tahun, sehingga Puskesmas sebagai beranda terdepan pelayanan kepada masyarakat dapat setara atau lebih baik.

Download file Buku Petunjuk Teknis Bantuan Operasional Kesehatan (Juknis BOK) tahun 2013 (PDF)

Share