Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT



Komitmen Kampar Sukseskan PAMSIMAS

02 Januari 2013

Kampar, Mewujudkan pelayanan kesehatan yang lebih baik terhadap masyarakat terutama terhadap masyarakat kurang mampu dengan melengkapi sarana dan prasarana kesehatan, adalah salah satu misi Bupati Kampar. Pamsimas sebagai program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat dilaksanakan di Kabupaten Kapar mempunyai daya dukung untuk mencapai cita-cita Bupati Kampar tersebut.

Menuju Kabupaten Kampar Sehat adalah harapan seluruh warga Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Komitmen untuk mewujutkan cita-cita ini telah dijawab. Sebanyak 13 Desa Program Pamsimas di Kabupaten Kampar telah mendeklarasikan diri Stop Buang Air Besar Sembarangan (SBS). Para warga berkomitmen merubah prilaku untuk hidup sehat. Perjalanan untuk merubah perilaku ini bukan perkara mudah, butuh perjuangan dan keuletan dari para petugas kesehatan baik yang desa, Puskesmas, sanitarian,  fasilitator kesehatan program Pamsimas dan seluruh masyarakat untuk sadar pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat.

Program Pamsimas di Kabupaten Kampar sudah memasuki Tahun ke 5 dengan desa sasaran program meliputi 70 Desa Reguler dan 23 Desa Replikasi sehingga total sebanyak  93 Desa.  Dari 93 desa sampai akhir tahun 2012 sudah 13 desa mendeklarasikan diri bebas buang air besar. Sebuah pencapaian yang luar biasa untuk provinsi Kepulauan Riau.

Deklarasi ini dilakukan di Desa Padang Mutung, Kecamatan Kampar 19 Desember 2012 lalu. 13 Kepala Desa bersama masyarakat mengucapkan janji dan komitmen melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat dengan tidak membuang air besar sembarangan. Ini adalah wujud komitmen kepala desa untuk menjaga dan mendukung program pemerintah kabupaten yaitu Kabupaten Kampar Sehat. (Endang Sri Rejeki)


Share