Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT



Kota Terbersih Di Dunia

14 Desember 2012
Dibaca : 3535 kali

Rapih, bebas dari serakan sampah, serta tidak ada yang meludah maupun buang air kecil sembarangan rasanya memang merupakan suasana kota idaman setiap orang. Sehingga, tidak heran bila dengan berbagai kondisi seperti itu membuat beberapa kota ini akhirnya dinobatkan menjadi kota terbersih di dunia. 

Selain dapat menunjang kesehatan, kondisi kota dan lingkungan bersih juga bermanfaat untuk meningkatkan semangat hidup yang nantinya berpengaruh pula pada produktifitas penduduk di wilayah tersebut. Tentunya, hal ini bisa terlaksana berkat dukungan dan andil dari pemerintah setempat. Berikut 5 kota terbersih yang dilansir dari vacationshome.net:


1.    Calgary, Canada

Terletak di antara pegunungan Rocky dan padang rumput, Calgary adalah kota paling luar biasa di Kanada.

Ada dua sungai yang mengalir melalui kota ini yaitu sungai Bow dan sungai Elbow. 

Lokasi Calgary yang dekat dengan pegunungan dan sungai, membuat udara di kota ini dikenal sangat sejuk dan segar. Sehingga, wajar bila Calgary dinobatkan menjadi kota bersih di posisi pertama dunia.

Sebenarnya bukan hal mudah untuk menjadikan Calgary sebagai kota terbersih. Pasalnya, kota ini berpenduduk 1 juta jiwa dengan mayoritas berkegiatan di sektor industri energi. Namun, adanya peringkat ini menjelaskan bahwa pemerintah Calgary  telah menyediakan pelayanan terbaik bagi masyarakatnya, sehingga bisa menjadi salah satu tempat terbaik untuk hidup di dunia.

2.    Adelaide, Australia

Dianggap sebagai salah satu kota terbaik di negeri Kangguru,  Adelaide merupakan kota yang terletak diantara teluk St.Vincent dan gunung Lofty. 

Ibukota Australia Selatan ini juga dikenal sebagai pusat ekonomi dan budaya. Inilah yang membuat pemerintah kota Adelaide begitu perhatian terhadap kondisi dan suasana kota tersebut. Hal ini pula yang menjadi alasan mengapa Adelaide begitu terpelihara dengan baik.  

Ada banyak festival tahunan ataupun pertujukkan budaya yang diadakan disana. Selain  itu, sistem pendidikannya juga dikenal baik.. Padahal, kota ini memiliki penduduk 1,2 juta jiwa, namun mereka menjalani kehidupan dengan sangat teratur dan bersih.  Sehingga, wajar bila kota ini dinobatkan menjadi salah satu kota terbersih dan terbaik dunia.



3.    Honolulu, Hawaii

Setiap mencari kota paling bersih di dunia, nama Honolulu memang tidak akan bisa dilewatkan.

 Betapa tidak,  kota bagian ke-50 di Amerika Serikat ini dikenal sebagai mutiara dari Hawaii.

 Bahkan, beberapa pendapat menyatakan, Honululu adalah surga tropis paling indah di dunia. 

Menjadi ibukota Hawaii, membuat Honolulu memiliki peran besar dalam struktur ekonomi negara. Kegiatan utama wilayah tersebut ialah di bidang pariwisata. Dengan total penduduk sebanyak 400 ribu jiwa, kota ini tidak kelebihan penduduk yang artinya populasi di Honolulu sangat sesuai dengan luas daerah.

Sebagai kota terbersih Honolulu diketahui memiliki peraturan yang cukup ketat akan sampah. Bahkan, sebagian besar penduduknya dikenal selalu mengatakan “Tidak” untuk membuang sampah sembarangan. Dengan itu, tidak heran bila setiap wisatawan yang berkunjung ke kota ini selalu betah berlama-lama untuk tinggal disana.

4. Minneapolis, USA

Minneapolis adalah kota dengan 3,3 juta  penduduk yang terletak di sepanjang sungai Mississippi.

 

Nama Minneapolis sendiri berasal dari bahasa Suku Dakota, Indian yaitu Minnea yang berarti air dan Polis dari bahasa Yunani yang berarti kota. Jadi arti nama kota ini adalah “Kota Air”.

Pemberian nama itu sendiri memang sangat sesuai. Pasalnya, ada 12 danau besar yang terletak di kota ini. Selain itu, juga ada beberapa kolam dan lahan basah yang tersebar di sejumlah wilayah.

Dengan penduduk yang cukup banyak, Minneapolis merupakan salah satu kota paling berkembang di kawasan Amerika Serikat. Kota ini berkembang dari kegiatan ekonomi yang berbasis transportasi, perdagangan dan pelayanan.

Bahkan, kemajuan dan keindahan kotanya membuat banyak warga AS  ingin pindah ke daerah tersebut. Perkembangan dan kemajuan serta predikat terbersih yang berhasil dicapai Minneapolis mencerminkan bahwa pemerintah kotanya bisa mengelola kota dan melayani warga dengan baik.

5. Kobe, Japan

Sebagai salah satu kota pada negara paling  maju di Asia, Kobe dikenal dengan tingkat kedisiplinan, kesadaran dan rasa tanggung jawab yang besar. 

Kota dengan penduduk 1,5 juta ini terletak di antara pantai dan pegunungan, sehingga membuatnya sangat indah dan menarik di mata siapapun yang berkunjung kesana. 

Kota yang hidup dari perdagangan dan industri ini berhasil dinobatkan sebagai kota terbersih karena bebas dari serakan dan tumpukan sampah di jalan. Selain itu, Kobe juga dikenal sebagai kota dengan wilayah kumuh yang sangat sedikit.

Dengan disiplin yang kuat, warga di kota ini selalu ditekankan untuk dapat menghargai dan mencintai lingkungannya. Sehingga tidak heran, bila pada 2012 ini Kobe dinobatkan menjadi salah satu tujuan wisata dan kota terbersih paling menarik di dunia. Cheerli

Share