Papua, Semangat Tingkatkan Akses Air Minum dan Sanitasi

17 Oktober 2014
Dibaca : 1713 kali

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) memang sangat penting dilakukan. Pasalnya, hal tersebut merupakan langkah mudah dan efektif dalam mencegah penyakit dan menjaga kesehatan. 

Berangkat dari hal itu, pemerintah Papua meluncurkan Program Gerakan Bangkit Mandiri dan Sejahtera Harapan Rakyat Papua (Gerbangmas Hasrat Papua) yang memiliki tujuan untuk meningkatkan angka kesehatan masyarakat melalui pemicuan terhadap pentingnya perilaku hidup bersih dan sehat.

Gerbangmas Hasrat Papua merupakan program andalan Lukas Enembe, Gubernur Papua 2013-2018. Target dari program ini ialah meningkatkan akses masyarakat terhadap air dan sanitasi layak. Di mana, dalam mempercepat target tersebut pada waktu dekat ini pemerintah daerah Papua mengadakan Lokakarya Sanitasi Total Berbasis Masyarakat yang diadakan pada 1 Oktober 2014 di Hotel Aston Jayapura. 

Bukan hanya menjadi ajang untuk meningkatkan semangat semua pihak dalam meningkatkan akses air minum dan sanitasi di Papua saja, lokakarya ini menjadi ajang saling tukar pengalaman dan pembelajaran antar para pelaku pembangunan sanitasi.

Hingga 2014 sendiri pembangunan sanitasi di daerah Papua bisa dikatakan telah mengalami peningkatan yaitu saat ini telah ada 2 kampung di Kecamatan Namblong, Kabupaten Papua yang berhasil melakukan deklarasi kampong SBS (Stop Buang Air Besar Sembarangan). Dengan hal tersebut, artinya ada 2 kabupaten di Papua yang  berhasil memiliki kampung SBS yaitu Kabupaten Jayapura dan Biak Numfor. 

Bagi pemerintah daerah Papua, tantangan terbesar dalam meningkatkan akses air minum dan sanitasi adalah masih rendahnya kesadaran masyarakat untuk melakukan PHBS, di mana masih banyak yang belum begitu peduli untuk melakukan PHBS tersebut. Namun demikian, dalam lokakarya ini semua pihak yang merupakan pelaku poembangunan air minum dan sanitasi berkomitmen untuk saling bahu membahu dalam memicu masyarakat untuk melakukan PHBS. Harapannya tidak lain ialah untuk Papua lebih sehat dan sejahterah. Yulien Weya dan Edy WPU, Subid Kerjasama Mitra Pembangunan Bappeda Provinsi Papua

Editor: Cheerli

 

 

Share