Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl


Resensi : Buku Bergerak Bersama Dengan Strategi Sanitasi Kota

10 April 2014
Dibaca : 863 kali


Buku Bergerak Bersama Dengan Strategi Sanitasi Kota

PT.Qipra Galang Kualita (Rudi Yuwono, Isna Marifa, dkk)

Jakarta, Tim Teknis Pembangunan Sanitasi (Bappenas, PU, Depkes,Depdagri, Depperindustrian)

51 hal ; 28 cm

 

Belajar dari pengalaman, permasalahan sanitasi tidak dapat dilakukan secara parsial. Adanya perencanaan yang tumpang tindih, tidak tepat sasaran, dan tidak berkelanjutan merupakan potret buram dari masa lalu. Sanitasi harus ditangani secara multistakeholder dan komprehensif. Siapapun yang terkait dalam penyediaan layanan sanitasi di kota, harus dilibatkan secara aktif. Selain itu, pembangunan sanitasi jangan hanya ditekankan pada pembangunan sarana fisik. Ada hal lain yang perlu dilakukan agar sarana tersebut bermanfaat secara berkelanjutan.

Strategi Sanitasi Kota merupakan perencanaan strategis kota dalam pembangunan sektor sanitasi. Ada beberapa prinsip yang harus dipenuhi untuk penyusunan strategi tersebut. Diantaranya adalah pemetaan kondisi awal yang harus didasarkan pada data valid dan empiris. Prinsip ini amatlah penting sebagai fondasi untuk menentukan strategi yang tepat. Termasuk didalamnya adalah penentuan prioritas pembangunan.

Buku ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang lengkap mengenai prinisip-prinsip penyusunan Strategi Sanitasi Kota. Dan pada akhirnya nanti semoga strategi tersebut dapat menjadi panduan bagi para pengambil kebijakan untuk melaksanakan pembangunan sanitasi kota yang menyeluruh dan berkelanjutan. Riawati

Share