Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl


Resensi : Buku Drainase Perkotaan

30 Mei 2014
Dibaca : 3221 kali

Wesli

Yogyakarta : Graha Ilmu, 2008

Viii, 126 hal + gambar + tabel ; 21 cm

 

Drainase merupakan sebuah sistem yang dibuat untuk menangani persoalan kelebihan air baik kelebihan air yang berada di atas maupun di bawah permukaan tanah. Banyak daerah di Indonesia sangat rawan terhadap kelebihan air yang berakibat terjadinya banjir. Drainase bukanlah satu-satunya metode untuk mengatasi banjir namun pada kondisi sistem drainase yang baik dapat mengurangi dampak buruk akibat kelebihan air pada permukaan tanah.

Drainase perkotaan adalah pengeringan atau pengaliran air dari wilayah perkotaan ke sungai yang melintasi wilayah perkotaan sehingga wilayah perkotaan tidak digenangi air. Disain drainase perkotaan memiliki keterkaitan dengan tata guna lahan, tata ruang kota, master plan drainase kota dan kondisi sosial budaya masyarakat terhadap kedispilinan dalam hal pembuangan sampah.

Materi yang disajikan dalam buku ini menggunakan bahasa sederhana sehingga pembaca dapat dengan mudah mempelajari dan memahaminya. Bagi mahasiswa buku ini dapat dijadikan referensi dalam mata kuliah perencanaan drainase, sedangkan bagi praktisi buku ini diharapkan dapat menambah pengetahuan dalam persoalan drainase. Riawati

Share