Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl


Resensi : Buku Gerakan Kota Hijau

20 Juni 2014
Dibaca : 1116 kali


Buku Gerakan Kota Hijau

Nirwono Joga

Jakarta : Gramedia Pustaka Utama, 2013

Xv,285 hal ; 21 cm 

Fenomena pemanasan global dan berbagai bencana lingkungan telah mendorong berbagai kota di dunia untuk berpikir ulang menata kehidupan warga dan kota.  Kota sebagai mesin pertumbuhan masa depan yang memberikan peluang besar bagi peningkatan pendidikan, perluasan lapangan kerja, dan kemakmuran masyarakat. Tetapi di pihak lain juga menimbulkan kemacetan lalu lintas, menjamurnya permukiman kumuh, peluberan kota, pencemaran lingkungan, eksploitasi sumber daya alam, dan penyumbang penting perubahan iklim. Pertumbuhan jumlah penduduk juga terus menguras pemakaian energi dan air, peningkatan produksi sampah dan limbah, dan menyesaki transportasi kota.

Di buku ini, kita akan mendapatkan gambaran apa itu kota hijau, mengapa perlu membangun kota hijau, siapa yang akan mewujudkan, kapan dan berapa lama waktu yang dibutuhkan, serta bagaimana mengembangkan kota hijau. 

Kota hijau adalah kota yang sehat dan bersahabat. Kota diisi oleh penduduk yang aktif dan bersahabat dengan lingkungan. Kota dibangun dengan memanfaatkan ruang publik yang lebih alami dan tidak membahayakan kesehatan dan keselamatan penduduknya. Kota hijau harus efisien dan cerdas.

Selain memberikan semua keterangan rinci tentang kota hijau, buku ini juga memaparkan beberapa langkah untuk mewujudkan kota hijau. (Riawati)

 

Share