Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl


Resensi : Membuat Sumur Air di Berbagai Lahan

30 Juni 2014
Dibaca : 1844 kali

Hanif Rachrurroja
Depok: Griya Kreasi, 2010
92 hal + gambar, 23 cm

Air merupakan kebutuhan pokok semua mahluk hidup yang harus tersedia di setiap saat. Meskipun 75% permukaan bumi ini meliputi air, baik dalam bentuk air permukaan maupun air dalam, namun tidak semua jenis air dapat digunakan atau dikonsumsi manusia.

Selama ini sumber daya air diperoleh dari air permukaan yang terdiri dari air sungai, danau, waduk, rawa dan air genangan lainnya. Pengelolaan air yang tidak benar akan menyebabkan masyarakat kesulitan memperoleh air seperti dialamai masyarakat Kota Lhokseumawe yang mengalami krisis air pada tahun 2008 dan Kabupaten Temanggung yang mengalami krisis air dipertengahan tahun 2009. Selain itu, warga Kota Pelaihari Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan dan beberapa daerah di Kota Bandung juga mengalami kesulitan air bersih yang disebabkan oleh musim kemarau yang berkepanjangan.

Dalam buku ini Hanif Fakhrurroja memberikan salah satu upaya yang dapat dilakukan masyarakat untuk memperoleh air bersih dengan cara membuat sumur air diberbagai macam lahan seperti lahan berawa, lahan bekas sawah, lahan kebun, lahan berbatu,dan lahan pesisir pantai,

Yang perlu diperhatikan dalam pembuatan sumur ini adalah jenis tanah yang berpengaruh terhadap kedalaman permukaan air tanah, wilayah air tanah, pengambilan air dan mendeteksi lokasi air tanah,  selain itu terdapat pula beberapa persyaratan teknis yang harus diperhatikan ketika akan membuat sumur air diantaranya adalah perencanaan pembuatan sumur air; memilih letak sumur air yang tidak boleh berdekatan dengan WC, tidak boleh berdekatan dengan septictank, kedalaman lebih dari 15 meter dan diberi tembok; jarak septictank dengan sumur lain; dan konstruksi sumur air. 

Hanif pun tidak lupa membahas berbagai macam jenis pengeboran untuk sumur gali, dan sumur pantek, sumur hidrolik atau sumur artesis yang disertai dengan berbagai permasalahan yang dapat ditemui dalam pembuatan sumur. Disamping itu dipaparkan pula jenis-jenis  pompa air yang dapat dipergunakan  baik pompa manual, kerek/timba, dan pompa listrik. Eka S

Share