Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl


Resensi : Mengolah Air Kotor untuk Air Minum: Memperoleh Air Bersih Dengan Teknologi Sederhana

09 April 2014
Dibaca : 3574 kali

Mengolah Air Kotor untuk Air Minum: Memperoleh Air Bersih Dengan Teknologi Sederhana

Kusnaedi

Jakarta: Penebar Swadaya, 2010

92 hal + tabel + gambar, 23 cm 

Air merupakan karunia Tuhan Yang Maha Esa. Manusia dan mahluk hidup lainnya memerlukan banyak air untuk kelangsungan hidupnya. Oleh karena itu ketersediaan air baik dari segi kualitas maupun kuantitas mutlak diperlukan. Seiring dengan perkembangan zaman dimana pertumbuhan penduduk dan kemajuan dibidang industri berkembang dengan pesatnya, maka permintaan terhadap air pun semakin meningkat, sedangkan ketersediaan air di suatu tempat bisa berubah baik kualitas maupun kuantita. Maka dari itu pengelolaan air dengan baik sangatlah diperlukan.

Saat ini ketersediaan air bersih masih sering dirasakan kurang terutama oleh masyarakat di daerah pedesaan yang masih menggunakan sumber air alami untuk memenuhi kebutuhannya. Seringkali sumber air alami mengalami penurunan kualitas air yang  disebabkan oleh perubahan ekosistem dan pencemaran di sumber air alami. Di mana, kondisi tersebut biasanya membuat masyarakat akhirnya terpaksa menggunakan air yang kualitasnya tidak sesuai yang tentunya dapat menyebabkan penyakit seperti diare, muntaber, hingga penyakit kulit layaknya kudis dan gatal-gatal.Oleh karena itu diperlukan inovasi dalam pengolahan air agar air yang ada dapat digunakan untuk minum sesuai dengan standar kesehatan yang telah ditetapkan. 

Salah satu buku yang dapat digunakan oleh masyarakat khususnya para penggerak pembangunan desa di bidang pengolahan air bersih ialah buku Mengolah Air Kotor untuk Air Minum: Memperoleh Air Bersih dengan Teknologi Sederhana

Meskipun tidak terlalu tebal, buku ini termasuk salah satu buku yang lengkap dan dapat memberikan wawasan untuk pembacanya baik secara individual  maupun kolektif terkait dengan pengolahan air kotor menjadi air minum. 

Dengan menggunakan kalimat yang sederhana, Kusnaedi memaparkan secara lugas  prinsip dasar pengolahan air  baik secara fisik, kimia, maupun secara mikrobiologi. Selain itu, media yang digunakan untuk pengolahan air bersih juga dipaparkan dalam buku ini.Tidak hanya itu saja buku inipun diperkaya dengan pengolahan air secara koagulasi filtrasi, adsorpsi, pengendapan, campuran antara pengendapan dan penyaringan langsung dan pengolahan air secara kolektif sedimentasi-filtrasi-adsorpsi. Bahkan dalam buku ini juga  disertai penjelasan secara terinci mengenai persyaratan kualitas air minum  sesuai dengan Peraturan Menteri Kesehatan nomor 907/Menkes/SK/VII/2002. Eka Subiyanti

 

Share