Percik 2016



Pedoman Pengukuran Capaian Pembangunan Perumahan Dan Permukinan Berbasis Hasil (Outcome)



Belajar Dari Champions



Buku dongeng KSAN



Buku : Kita Bisa



E-survey SABRT

Aplikasi e-Survey Survey AMPL Berbasis Rumah Tangga


Daftar milis_ampl


Resensi : Petunjuk Menampilkan Profil Sanitasi Wilayah

20 Juni 2014
Dibaca : 1027 kali


Petunjuk Menampilkan Profil Sanitasi Wilayah

Jakarta : Kelompok Kerja Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (Pokja AMPL)

54 hal + grafik + foto + gambar

 

Setiap proyek atau program pembangunan sanitasi memiliki cara sendiri dalam menampilkan dan mengkomunikasikan kondisi sanitasi suatu wilayah, hal ini menyebabkan pihak awam mengalami kesulitan untuk mengenali kondisi sanitasi wilayahnya.

Buku ini menawarkan konsep sederhana bagi pihak-pihak yang berkepentingan untuk menampilkan profil sanitasi dari wilayahnya masing masing, tujuannya agar kondisi sanitasi suatu wilayah dapat dinilai dan dikomunikasikan secara lengkap, mudah, dan dapat dikembangkan sesuai dengan kebutuhan.

Profil sanitasi suatu wilayah dalam buku ini ditampilkan dalam bentuk diagram Roda Profil Sanitasi yang berisi seluruh indikator dari delapan aspek. Pembaca dapat melihat perbandingan pencapaian pembangunan sanitasi dari satu aspek dengan aspek lainnya.

Beberapa analisis yang sering menggunakan informasi Profil Sanitasi yaitu ketersediaan air minum, penanganan limbah kakus, pengendalian air kotor, pengelolaan sampah, pengendalian air hujan, perilaku pemakaian air, perilaku cuci tangan dan perilaku penanganan sampah. Adapun, contoh ilustrasi profil sanitasi yang diambil buku ini adalah Kota Banjarmasin. (Riawati)

Share